News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gelar Batik Nusantara Digelar pada 2-6 Agustus 2023 di Spark Senayan

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jumpa pers Gelar Batik Nusantara (GBN 2023) di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yayasan Batik Indonesia (YBI) resmi mengumumkan Gelar Batik Nusantara (GBN 2023) akan berlangsung di SPARK Senayan, Jakarta pada 2-6 Agustus 2023.

Kali ini GBN 2023 mengusung tema Batik Bangkit, sebagai bentuk semangat untuk memajukan industri batik Tanah Air.

"Bahwa memang kita punya semangat batik dan semua pengrajin batik, kita berharap dengan pameran ini kita memperkerjakan pengrajin batik dari seluruh Indonesia kenapa batik bangkit, karena ingin bangkit bersama setelah 3 tahun kita tidak bisa apa-apa (karena pandemi)," kata Diana Santosa ketua pelaksana GBN 2023, dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023).

Hal itu menyangkut adanya dampak pandemi Covid-19 selama tiga tahun silam.

"Kita berharap pameran dalam sektor batik menjadi bangkit dari inovasi dan perkembangannnya, jadi batik bisa lebih berjaya," lanjutnya.

GBN 2023 mengangkat keindahan keindahan batik tulis Complongan Indramayu sebagai salah satu jenis batik yang mendapat pengakuan Indikasi Geografis.

Baca juga: Even Gelar Batik Nusantara Digelar Agustus 2023, Angkat Tema Batik Indramayu

"Keindahan motif dan kualitas batik ini menjadi representasi seni dan keahlian budaya yang turun-menurun di wilayag Indramayu, Jawa Barat. Kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap batik Indramayu yang memiliki ciri khas," ujar Diana.

Acara GBN 2023 terbuka untuk umum, yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap misi Yayasan Batik Indonesia (YBI).

Kemudian acara yang digelar selama lima hari ini akan menampilkan le ih dari 250 booth UMKM batik Indonesia dan kuliner Nusantara.

Tidak kalah meriah ada kegiatan talk show seputar batik, kompetisi batik, fashion show. Begitupun akan penampilan dari musisi Andien Aisyah dan Putri Ariani.

"Andien Aisyah dan Putri Ariani juga akan tampil dalam GBN tahun ini," pungkas Diana. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini