News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tampil di Moscow Creative Week 2023, Poppy Dharsono Bawa Kerajinan Kulit Garut Mendunia

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Desainer papan atas tanah air sekaligus Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut memamerkan produk fashion dari 'kerajinan kulit Garut' dalam gelaran Moscow Creative Week 2023.

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Desainer papan atas tanah air Poppy Dharsono kian memperluas portofolionya di kancah global dengan tampil di gelaran Moscow Creative Week 2023.

Hal itu karena ia berhasil mendorong material 'kulit asal Garut' menjadi produk next level di mata dunia.

Berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini menciptakan produk fashion berbahan dasar kulit asli daerah yang ada di Jawa Barat itu.

Ditampilkan dalam Moscow Creative Week 2023, karya kolaborasi tersebut pun mampu menarik perhatian pengunjung.

"Kami mempromosikan kerajinan kulit Garut yang telah disulap menjadi produk fashion yang kekinian," kata Poppy, dalam keterangannya, Senin (7/8/2023).

Terkait produk yang dibuat dari kerajinan kulit garut ini, mulai dari biker jacket, long pants hingga leather skirt yang dipadukan dengan wastra nusantara, seperti batik dan tenun.

Poppy menyebut total ada 5 outfit yang diciptakan dalam koleksi yang ditampilkan di Moscow Creative Week 2023.

Baca juga: Ganjar Sebut Citayam Fashion Week yang Dicetuskan Bonge Jadi Contoh Nyata Kreativitas Anak Muda

Menurutnya, mereka yang hadir dalam event tersebut sangat tertarik dengan keunikan dari perpaduan wastra nusantara ini.

"Mereka (orang luar negeri) begitu antusias dan terkejut dengan kerapihan dan keunikan produk kolaborasi ini, karena terlihat berbeda dari biasanya," papar Poppy.

Ia pun menilai material kulit garut ini sangat unik saat dipadukan dengan batik maupun tenun, sehingga memunculkan sisi etnik yang khas.

"Siapa sangka batik ketemu kulit Garut jadi look yang luar biasa. Kesan modern menonjol meski etniknya tetap ada," tutur Poppy.

Poppy pun menekankan bahwa Pemkab Garut sangat mengapresiasi gelaran event ini, bahkan hadir secara langsung pada sesi presentasi di fashion stage Moscow Creative Week 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini