News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Muncul Fenomena Renovasi Rumah di Gang Sempit, Ini Kata Pakar Properti

Penulis: willy Widianto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Satu di antara konsep renovasi rumah yang berada di lokasi gang. Ada sejumlah trik renovasi sehingga tampilan rumah di lokasi sempit bisa terlihat berbeda dengan kesan lapang dan nyaman.

Muncul Fenomena Renovasi Rumah di Gang Sempit, Ini Kata Pakar Properti

Willy Widianto/Tribunnews.com  
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tren merenovasi rumah dengan gaya estetik yang lokasinya berada di gang sempit belakangan jadi pembicaraan hangat.

Apalagi salah satu rumah yang berada di gang sempit kawasan Cipulir, Jakarta Selatan mendapatkan penghargaan Artichizer Award yang digelar di New York beberapa waktu lalu.

Baca: Siapa Sangka Rumah Estetik Ini Berada di Gang Sempit, Akses Jalan Masuk Cuma Bisa Dilewati 1 Motor

Pakar Properti, M Irfansyah menyebut fenomena tersebut bisa terjadi karena peran dari arsitek profesional yang paham soal urusan renovasi rumah sehingga ruangan tetap nyaman dan lapang meski lokasinya berada di gang sempit.

"Rumah yang berada di tempat kecil walaupun minimalis bisa ciptakan rumah sebagus ini karena tentunya dirancang oleh jasa arsitek profesional dan Kami fokus pada kesederhanaan dan kualitas bahan yang digunakan sehingga ruangan tetap terasa nyaman, lapang, dan menonjolkan karakter pemilik rumah," kata M Irfansyah, Kamis (5/9/2024).

Pria yang juga praktisi properti dari Renovruma ini menjelaskan, salah satu tantangan terbesar dalam merenovasi rumah di gang sempit adalah keterbatasan ruang.

Namun, justru di sini lah keahlian desainer dan arsitek diuji.

Dengan kreativitas tinggi, mereka mampu memaksimalkan setiap sudut ruangan.

"Setiap area digunakan secara efisien tanpa mengorbankan kenyamanan. Dari ruang tamu, dapur, hingga kamar tidur, semuanya diatur sedemikian rupa sehingga tetap fungsional dan nyaman meski berada di lahan yang sempit," katanya.

Selain itu lanjut Irfan, bukan hanya soal tata ruang, pencahayaan dan ventilasi juga menjadi kunci sukses renovasi rumah di gang sempit ini.

Dengan memanfaatkan jendela besar, skylight dan ventilasi yang ditempatkan strategis, rumah ini tetap terasa terang dan sejuk.

"Cahaya alami yang masuk membuat ruangan terlihat lebih luas dan terbuka, sementara sirkulasi udara yang baik memastikan kenyamanan penghuni," ujar Irfan.

Renovasi rumah di gang sempit juga mengusung konsep minimalis modern, rumah ini tampil elegan dengan palet warna netral dan penggunaan material yang sederhana namun berkualitas.

Desain ini tidak hanya membuat rumah terlihat lebih luas, tetapi juga memberikan kesan bersih dan rapi. Setiap elemen dekorasi dipilih dengan cermat untuk tidak membuat ruangan terasa penuh atau sumpek.

Renovasi rumah di gang sempit ini juga membuktikan bahwa keterbatasan lahan bukanlah halangan untuk memiliki rumah yang nyaman dan menarik.

Apalagi dengan perencanaan yang matang, pemilihan desain yang tepat, dan sedikit kreativitas, rumah kecil di tempat sempit pun bisa berubah menjadi hunian yang nyaman dan berkelas.

"Renovasi rumah di gang sempit memang menantang, tapi hasilnya bisa sangat memuaskan. Rumah yang tadinya biasa saja, kini bisa terlihat sangat berbeda dan menarik perhatian banyak orang. Bagi kamu yang memiliki rumah di lahan terbatas, jangan ragu untuk mencoba konsep renovasi seperti ini," kata Irfan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini