News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

AC LG DUALCOOL New Eco: Pilihan Cerdas untuk Hemat Energi, Sehari Hanya Rp1.500!

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Setelah melalui serangkaian pengujian dari Universitas Indonesia (UI), AC LG DUALCOOL New Eco terbukti memiliki konsumsi listrik harian dalam kisaran 1.04 kWh atau setara dengan Rp1.500 untuk model dengan kapasitas pendinginan 1/2PK.

TRIBUNNEWS.COM – Memiliki air conditioner (AC) di rumah sudah menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian orang, terutama di tengah cuaca yang makin panas dan gerah. Selain memberikan kenyamanan secara fisik bagi penghuninya, kehadiran AC di dalam rumah juga mampu meningkatkan kualitas hidup.

Sayangnya, di balik rasa nyaman tersebut, seringkali muncul kekhawatiran yang menganggap penggunaan AC di dalam rumah berujung pada melonjaknya tagihan listrik. Untungnya, kemajuan teknologi membuat produsen kian inovatif menghadirkan AC dengan fitur hemat energi, seperti AC LG DUALCOOL New Eco.

Hemat energi dan jaga kebersihan sirkulasi udara

Klaim AC hemat energi ini bukan hanya sekadar gimmick marketing, tetapi berhasil dibuktikan PT. LG Electronics Indonesia (LG) melalui serangkaian pengujian dari Universitas Indonesia (UI).

Hal ini merujuk pada pengujian yang dilakukan Unit Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UP2M DTE FTUI) terhadap konsumsi listrik AC LG DUALCOOL New Eco.

Dalam pengujian yang dipimpin langsung oleh Dr.-Ing. Budi Sudiarto, S.T., M.T., selaku kepala UP2M DTE FTUI ini, AC kategori inverter yang menjadi keluaran LG tersebut terbukti memiliki konsumsi listrik harian dalam kisaran 1.04 kWh untuk model dengan kapasitas pendinginan 1/2PK. 

Dengan tarif listrik yang berlaku saat ini, konsumsi listrik tersebut sebanding dengan biaya sebesar Rp1.500.

“Kami sangat senang dan menyambut baik langkah LG untuk melakukan pengujian ini. Sebagai merek yang telah dikenal masyarakat luas, pengujian ini justru menjadi contoh baik bagian bentuk upaya tanggung jawab industri untuk memberikan informasi yang sebenarnya pada masyarakat,” ujar Dr.-Ing. Budi Sudiarto, S.T., M.T.

Budi mengatakan, penelitian ini dilakukan guna mengedukasi masyarakat agar tidak lagi termakan dengan klaim hemat energi yang kian marak dilakukan oleh sejumlah perangkat elektronik, termasuk AC.

Menanggapi hal tersebut, Mike Kim selaku Product Director of Air Solution LG Electronics Indonesia, menegaskan, “LG membangun reputasi di atas inovasi dan pengembangan teknologi. Bukan hanya klaim di atas kertas, namun dapat dibuktikan lewat hasil pengujian dari lembaga independen yang jelas.”

Lebih lanjut terkait detail pengujian, untuk mendapatkan perhitungan konsumsi energi harian yang benar-benar menggambarkan penggunaan masyarakat, pengujian dilakukan dalam rentang sepanjang 1 bulan.

Sepanjang periode itu, tim penguji melakukan serangkaian skenario dan pemantauan pada AC yang diletakkan pada ruang khusus dengan dimensi 7.75 meter persegi yang beroperasi 8 jam per hari.

Baca juga: LG Kenalkan OLED evo G4, TV Canggih Terbaru dengan Kepintaran Menawan

Atur daya sesuka hati dengan fitur Watt Control

Abhinyano, Head of Product Marketing Air Solution at LG Electronics Indonesia menyatakan, konsumsi energi harian yang rendah pada AC LG DUALCOOL New Eco tak terlepas dari fitur Watt Control yang dimiliki.

Fitur ini memiliki empat opsi pengaturan konsumsi daya listrik AC, mulai dari 100 persen, 80 persen, 60 persen, dan yang terendah mencapai 40 persen kebutuhan konsumsi listrik normal.

“Fitur pengaturan daya listrik ini memberikan kenyamanan pengguna karena memungkinkannya untuk lebih menghemat listrik sesuai kebutuhan dengan tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna,” terang Abhinyano.

Ia mencontohkan, setidaknya penggunaan fitur Watt Control ini akan berguna pada dua kondisi berbeda. Saat suhu lingkungan sekitar cenderung dingin seperti malam hari atau saat adanya momen yang menggunakan lebih banyak perangkat elektronik lain tanpa harus mematikan AC.

Dilengkapi segudang fitur canggih

Selain hemat energi, AC inverter LG ini juga memiliki beberapa keunggulan lain yang menonjol. Keunggulan pertama terletak pada perangkat motor dan kompresor seri AC LG New Eco yang membuatnya memiliki tingkat kebisingan hanya mencapai 18 decibel.

Sebagai perbandingan, tingkat kebisingan ini terhitung hanya separuh dari tingkat kebisingan sebuah ruang perpustakaan dalam kondisi tenang yang memiliki tingkat kebisingan rata-rata setinggi 36 decibel.

Selain itu, AC LG DUALCOOL New Eco turut dilengkapi dengan pre-filter yang berfungsi menangkap partikel debu besar sehingga mampu menjaga kualitas udara di dalam ruangan. 

Ada pula fitur Auto Cleaning yang secara otomatis mengeringkan embun di  dalam unit AC LG New Eco guna mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri yang berpotensi mengganggu kesehatan pengguna saat tercampur dalam sirkulasi udara.

Sebagai varian pembaru dari generasi sebelumnya, AC LG DUALCOOL New Eco tidak hanya membantu menghemat penggunaan listrik, namun juga menjaga kenyamanan dan kesehatan penggunanya.

Baca juga: Fakultas Teknik UI Uji Konsumsi Daya Listrik Harian AC LG, Begini Hasilnya 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini