News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

PAN Ungkap Lebih Condong Dukung Prabowo Subianto, Gerindra: Berita Baik, Buat Koalisi Makin Kuat

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto (kanan) menghadiri KTT Dialog Shangri-La di Singapura pada 11 Juni 2022. Fadli Zon menyambut baik pernyataan elite PAN yang menyatakan lebih condong untuk mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyambut baik pernyataan elite Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyatakan lebih condong untuk mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Fadli Zon menilai, pernyataan tersebut menjadi kabar atau berita baik bagi Gerindra.

"Ya saya kira kalau bagi kami tentu itu kan suatu berita baik ya atau kecenderungan yang sangat baik gitu," kata Fadli Zon saat dimintai tanggapannya, Jumat (30/6/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (26/6/2023). Fadli Zon mengungkap tips bisa menurunkan berat badan dari 108 Kg menjadi 76 Kg. (Tribunnews.com/ Igman Ibrahim)

Lebih lanjut, dirinya juga beranggapan, jika pernyataan dari PAN tersebut terealisasi, maka bukan tidak mungkin koalisi yang sedang digagas Gerindra bersama PKB akan semakin kuat.

Terlebih, PAN dalam hal ini merupakan partai politik yang berada di parlemen.

"Karena dukungan dari partai-partai yang apalagi parlemen pasti akan membuat koalisi ini semakin kuat semakin besar," tutur dia.

Meski demikian, Fadli Zon enggan berandai-andai perihal wacana koalisi bersama PAN dan PKB.

Termasuk kata dia, soal adanya kemungkinan bergabungnya Golkar. Sebab, kata dia, masih ada rentang waktu yang cukup panjang untuk kemungkinan komunikasi dilakukan para petinggi partai.

"Apakah nantinya dari PAN tambahan itu, begitu juga dengan kalau bersinergi dengan Golkar dan juga mungkin partai lain ya, saya kira proses komunikasi politik ini belum selesai masih dalam proses begitu," tukas dia.

Baca juga: Demokrat Hormati Sikap Golkar Tutup Peluang Usung Anies di 2024

Sebelumnya, Wasekjen PAN, Fikri Yasin membantah partainya pikir-pikir atau galau untuk bergabung berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) yang mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres).

Sebagaimana diketahui, pernyataan itu pertama kali diungkap oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023. Saat itu, Megawati menyebut ada tiga parpol yang galau mendukung Ganjar.

"Kalau apa yang dikatakan Bu Mega, ya bagusnya tanya ke Bu Mega karena dia yang tau apa yang dia maksud," kata Fikri kepada wartawan, Senin (26/6/2023).

Hingga saat ini, kata Fikri, PAN kemungkinan besar mendukung Prabowo Subianto menjadi capres. PAN akan mendukung Eks Danjen Kopassus itu bersama empat parpol lainnya.

"Kalau soal capres dari PAN sejauh ini memang mengarah ke pak Prabowo S atas koalisi 4 partai yaitu Gerindra, PAN, Golkar, PKB," jelasnya.

Baca juga: Tentukan Arah Politik pada Agustus, Golkar Tutup Peluang Berkoalisi Dukung Anies Jadi Capres

Lebih lanjut, Ia menambahkan PAN kini hanya tinggal melakukan komunikasi intensif untuk bisa memantapkan koalisi bersama parpol yang menjadi pendukung Prabowo.

"Memang sedang kita rajut dalam rangka memantapkan pondasi koalisinya. Ya berdasarkan kesepakatan koalisi," tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini