News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Alasan Erick Disebut Lebih Pas dibanding Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024, Ini Kata Pengamat

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, berpendapat sosok Erick Thohir lebih pas untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, berpendapat sosok Erick Thohir lebih pas untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

Saat ini ada tiga nama yang santer dikabarkan akan dipinang oleh Prabowo menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres), yaitu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Namun dari ketiga nama tersebut, menurut Jamiluddin, sosok Erick menjadi yang paling tepat untuk mendampingi Prabowo.

Ia menilai, pria berusia 53 tahun itu lebih mumpuni dari sisi elektabilitas maupun kemampuan finansial dibandingkan Gibran.

Baca juga: Airlangga Puji Anak Muda di Bawah 40 Tahun Berprestasi di Politik, Sinyal Gibran Gabung Golkar?

“Erick Thohir sebenarnya jauh lebih mumpuni untuk mendampingi Prabowo," ucap Jamiluddin dikutip dari TribunJakarta.com, Jumat (20/10/2023).

"Hal ini dapat dilihat dari elektabilitas dan kemampuan finansialnya,” ujarnya.

Selain unggul dalam hal elektabilitas dan finansial, Jamiluddin berpendapat Erick lebih banyak memiliki pengalaman di bidang pemerintahan.

Erick bukan hanya menjabat sebagai Menteri BUMN, ia juga diberi amanah sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kemudian, mantan Presiden Inter Milan itu merupakan salah satu sosok yang membantu Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin memenangkan kontestasi Pilpres 2019 lalu.

Sementara pengalaman Gibran di dunia politik belum begitu banyak. Ia baru menjabat sebagai Wali Kota Solo sejak 2021.

“Jadi, Erick jauh lebih siap mendampingi Prabowo daripada Gibran,” ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (11/6/2020). (Instagram Erick Thohir)

Kemudian, sama seperti sosok Gibran, Jamiluddin menilai Yusril bukanlah tokoh yang tepat untuk mendampingi Prabowo.

Meski secara pengalaman Yusril sudah banyak mencicipi panggung dunia perpolitikan cukup lama, tetapi elektabilitasnya dinilai masih rendah.

Nama Yusril dianggap Jamiluddin sulit untuk bersaing dengan pasangan calon (paslon) lain, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini