News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Empat Poin Utama Deklarasi Pilkada Damai Kalsel, Kapolda Irjen Winarto Amanatkan Pesan Ini ke Paslon

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapolda Kalimantan Selatan dalam acara Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Kota Banjarmasin, Jumat (4/10/2024) malam.

Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Winarto memimpin pelaksanaan kegiatan Deklarasi Pilkada Damai di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2024. 

Acara yang juga melibatkan sejumlah pimpinan daerah dan tokoh masyarakat di Kota Banjarmasin itu berlangsung di Hotel Harer Banjarmasin, Jumat (4/10/2024) malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Kalsel, Andi Tenri Sompa, Bawaslu Provinsi Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Kapolresta Banjarmasin, Forkopimda Kota Banjarmasin, Ketua KPU Kota Banjarmasin, serta Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin.

Adapun tiga pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Banjarmasin 2024 yakni H Arifin Noor-Supian Akbari, HM Yamin-Hj Ananda, dan H Mukhyar-H Awan Subarkah.
Dalam sambutannya, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, mengharapkan agar semua elemen masyarakat di Kalimantan Selatan bersatu padu dan berperan aktif menyukseskan pesta demokrasi Pilkada 2024.

“Pesta demokrasi ini bukan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu tetapi semua elemen masyarakat juga harus ikut berperan aktif ambil bagian demi suksesnya Pemilu,” ucap Irjen Pol. Winarto,.

“Bahwa Deklarasi Pilkada Damai digelar untuk menyamakan persepsi, misi dan visi kepada masyarakat untuk menyambut Pilkada yang sudah semakin dekat,” tambah Irjen Pol. Winarto.

Acara tersebut juga dilengkapi dengan Penandatanganan Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024 dan Pembacaan Ikrar Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024.

Jenderal polisi bintang dua ini pun mengajak tiga paslon dalam Pilkada Banjarmasin 2024 untuk berkomitmen melaksanakan setiap tahapan Pilkada secara tertib aman dan damai.

"Diharapkan kepada paslon yang berkontestasi di Pilkada Banjarmasin 2024, maupun kepada tim pemenangan dapat melaksanakan kampanye yang aman tertib dan berintegritas. Tanpa politisasi SARA dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mari ciptakan politik yang sejuk serta memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat," katanya.

Penandatanganan dan ikrar Deklarasi Pilkada Damai 2024 dilakukan oleh Ketua KPU Provinsi Kalsel, Komisioner  Bawaslu Provinsi Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Forkompinda Kota Banjarmasin, Tokoh Agama Kota Banjarmasin, Tokoh Masyarakat Kota Banjarmasin, Tokoh Adat Kota Banjarmasin dan Paslon Walikota Dan Wakil Walikota Banjarmasin. 

Baca juga: Pemprov Kalsel Buka 125 Formasi CPNS 2024, Simak Syarat Daftarnya

Dalam Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024 itu, ada empat poin utama yang menjadi kesepakatan bersama. Empat poin tersebut adalah :

1.    Kami berkomitmen, untuk mensukseskan penyelenggaraan pilkada tahun 2024 di wilayah Kalimantan Selatan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

2.    Kami berkomitmen, untuk mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif untuk menyukseskan pilkada 2024 di wilayah Kalimantan Selatan yang berkualitas dan berintegritas.

3.    Kami berkomitmen, menjaga netralitas, melawan segala bentuk perbuatan yang dapat menimbulkan kegaduhan politik serta memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

4.    Kami berkomitmen, siap menerima hasil pemungutan suara pilkada tahun 2024 yang ditetapkan oleh KPU.

Lewat Deklarasi Pilkada Damai di Provinsi Kalsel Tahun 2024 itu, Kapolda Kalsel berharap, pesta demokrasi Pilkada mendatang di wilayah Kalimantan Selatan berjalan dengan aman, damai dan lancar. (oln/BPost/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini