News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Pengamat Soroti Penampilan Para Cawagub saat Debat Perdana Pilkada Jakarta: Sangat Membantu Cagubnya

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta menggelar debat perdana Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024). Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio (Hensat), menyoroti beberapa hal terkait penampilan para pasangan calon di debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Warta Kota/Yulianto

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio (Hensat), menyoroti beberapa hal terkait penampilan para pasangan calon di debat perdana Pilkada Jakarta 2024.

Satu di antaranya, menurut Hensat, adalah penampilan para calon wakil gubernur yang mencuri perhatian tersendiri dalam debat kali ini.

Baca juga: Debat Perdana Pilgub Jakarta 2024, Pramono-Rano: Saatnya Jakarta Menyala

"Menurut saya yang penting diperhatikan adalah penampilan para wakil (cawagub), dahsyat luar biasa," kata Hensat kepada wartawan, Senin (7/10/2024).

Founder Lembaga Survei KedaiKOPI ini melihat, para cawagub terlihat sangat membantu cagubnya dalam debat perdana ini.

Seperti Suswono yang terlihat matang dengan latar belakangnya sebagai Menteri Pertanian atau Rano Karno yang keluar dengan pengalamannya saat memimpin Banten.

"Terutama di paslon nomor urut 1 dan 3 kali ini, Suswono terlihat sangat membantu Kang Emil, dan Doel (Rano Karno) definitely membantu Mas Pram," ucapnya.

Hensat menilai, paslon nomor urut 1 yaitu Ridwan Kamil-Suswono dan nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno terlihat imbang pada debat perdana Pilkada Jakarta 2024.

Dia mengatakan, Ridwan Kamil sebagai tokoh yang bukan berasal dari Jakarta terlihat membuka diri tanpa menutup identitas dirinya yang berasal dari Jawa Barat.

Baca juga: Pramono Sibuk Menulis, RK dan Dharma Fokus Dengar Pertanyaan Saat Debat Pilgub Jakarta 2024

"Kang Emil saya katakan memulai debat hari ini dengan humble, dia tak menutup diri, tak artifisial, seolah-olah dia jadi warga Jakarta dan lain-lain," ujarnya.

Sementara itu, Hensat menilai Pramono Anung bisa menjelaskan nilai-nilai budaya Betawi kepada masyarakat dengan baik pada debat kali ini.

"Di dalam pilgub Jakarta budaya Betawi selalu muncul lima tahun sekali, jadi kalau enggak ada pilgub jarang banget diomongin budaya Betawi ini, nah paslon nomor 3 menjelaskan budaya Betawi ini bagus sekali," ujarnya.

Hensat pun tak memungkiri bahwa paslon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana juga dinanti oleh masyarakat Jakarta dalam debat perdana Pilkada Jakarta.

Ia menilai, paslon ini ditunggu karena maju sebagai paslon independen dan bukan tokoh yang dikenal luas oleh publik.

"Saya juga menunggu yang nomor dua, karena kan misterius nih, ini mau bagaimana sih? Programnya mau apa? Apalagi kan dia sempat canggung mulainya, sempat salah baca," kata Hensat.

"Namun, yang paling penting, dalam Pilgub Jakarta harus jaga lisan, dan kini warga Jakarta akhirnya paham siapa itu Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini