News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2012

Omset Sewa Perahu Wisata Ancol Menurun

Penulis: Daniel Ngantung
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penumpang menikmati pemandangan dari perahu wisata Ancol, Senin (20/8/2012).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengunjung yang membanjiri kawasan Taman Impian Jaya Ancol pada Lebaran kedua, Senin (20/8/2012), rupanya tidak memberikan keuntungan yang cukup berarti bagi para penyedia jasa sewa perahu wisata.

Karya, kernet perahu yang biasa mangkal di area Pantai Ria mengatakan, meski pemasukannya lebih besar dari Lebaran pertama, Minggu (19/8/2012), tetap tidak sebanding dengan pemasukan yang ia dapatkan pada Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Keuntungan memang baru ketahuan setelah diakumulasi minggu depan. Namun, Karya sudah bisa memprediksi penurunan omset, dari jumlah penumpang seperti sore ini.

"Tahun lalu, perahu bisa terisi penuh, 40 orang. Sekarang, enggak sampai setengahnya. Dulu juga sudah ada penumpang yang mengantre, padahal perahu belum merapat. Sekarang, penumpang harus dicari-cari dulu," ungkap Karya kepada Tribun.

Penurunan omset tak hanya dirasakan Karya, penyewa jasa perahu lain pun mengalami hal serupa.

Menurut pria yang bekerja sebagai kernet perahu selama lebih dari 20 tahun menuturkan,  para pedagang yang berjualan di sekitar area pantai juga mengeluhkan hal sama.

Di kawasan ini, ada 54 perahu wisata sewaan. Jam operasionalnya tidak menentu, kadang bisa 24 jam. Untuk sekali perjalanan yang hanya berlangsung sekitar 15-20 menit, setiap orang dikenakan biaya Rp 10 ribu. (*)

BACA JUGA

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini