News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ahok Ditaklukkan Gadis Berusia 16 Tahun

Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tribunnews.com, Jakarta — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ditantang bermain catur dalam sebuah ekshibisi catur oleh seorang gadis berusia 16 tahun. Hanya dalam waktu tiga menit, orang nomor dua di Jakarta yang dikenal "galak" ini tak bisa berkutik. Siapa gerangan pecatur jagoan itu?

Yup, dia adalah Medina Warda Aulia. Terhitung, Medina lima kali menyekak pria yang akrab disapa Ahok tersebut. "Waduh kalah ini. Ha-ha-ha," kata Basuki, saat disekak oleh Medina, di Balaikota Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Sejak tahun 2007, Medina telah meraih berbagai prestasi, baik nasional maupun internasional. Ia pernah menjadi Juara Dunia Catur Pelajar pada World School Chess Championship di Singapura dan meraih gelar Candidate Master.

Atas prestasinya itu, ia mendapat penghargaan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Satya Lancana Wira Karya. Baru-baru ini, ia meraih juara ketiga Women Grand Master pada World Youth Chess Championship di Turki, dan resmi menyandang gelar WGM termuda di Indonesia.

Permainan catur ini merupakan serangkaian acara pelepasan atlet SEA Games ke-27 di Myanmar. Para atlet kontingen DKI Jakarta ini akan berangkat ke Myanmar pada Jumat (6/12/2013).

Basuki melepas 99 atlet dan 55 pelatih yang akan memperebutkan 420 medali emas dalam 33 cabang olahraga. SEA Games Myanmar ini akan diikuti oleh 11 negara, termasuk Indonesia. SEA Games akan berlangsung pada 11-22 Desember 2013.

Dalam kesempatan ini, Basuki juga memberi semangat para atlet dan mengharapkan Indonesia kembali juara umum di SEA Games. Terutama, Basuki mengharapkan kontingen DKI Jakarta dapat meraih medali paling banyak dibanding provinsi lainnya.

"Saya yakin semangat kemenangan ini bukan hanya dari sisi kemenangan dari olahraga, tetapi dari semua hal," kata Basuki.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini