News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Listrik Padam di Jakarta

PLN: Mati Lampu Jakarta karena Gangguan Pembangkit di Muara Karang

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perahu karet melintas di PLTU Muara Karang yang terendam banjir Jakarta Utara, Jum at (18/1/2013). Akibat banjir yang melanda Ibu Kota, PLTU Muara Karang terendam banjir setinggi 1,5 meter. Banjir mengakibatkan pembangkit listrik utama yang memasok sebagian wilayah Jakarta tersebut tidak dapat beroperasi optimal. KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak PT PLN menyebut pemadaman listrik di sebagian besar wilayah Jakarta akibat adanya gangguan pembangkit Muara Karang. Karena hal itu terjadi pemadaman di sejumlah daerah di Jakarta Pusat dan Barat, serta Tangerang.

"PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan PLN sehubungan dengan penghentian sementara aliran listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang," ujar Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya Roxy Swagerino kepada Tribunnews.com, Senin (12/5/2014).

Roxy menjelaskan gangguan tersebut mengakibatkan defisit daya sistem sebesar kurang lebih 600 MW. Saat ini PLN sedang mengupayakan percepatan perbaikan sistem tersebut untuk melokalisir wilayah yang terkena dampak padam.

"Sehubungan dengan penghentian aliran listrik tersebut, kami mengimbau kepada pelanggan yang tidak terkena dampak pemadaman agar menggunakan listrik dengan bijak dan seperlunya untuk menjaga kestabilan pasokan listrik," ujar Roxy.
 
Adapun daerah yang terkena dampak penghentian aliran listrik sementara antara lain Grogol, Budi Kemuliaan, Kebon Sirih, Karet, Kuningan, Setia Budi, Semanggi, Jl. Gajah Mada, Jl. Hayam Wuruk, Jl. M.H. Thamrin, Tanah Abang, Jl. Asia Afrika, Bintaro, Ciputat, Senayan, Pantai Indah Kapuk, Jl. Joglo, Jl. Kebayoran Lama, Kebun Jeruk, Jl. Raya Tomang, BSD City, Lippo Karawaci, Jl Raya Legok, Cengkareng, Duri Kosambi, Jl. Raya Serpong, Kebon Jeruk, Jl. Raya Daan Mogot, Kapuk, Jl. Bandengan, dan sekitarnya.

"Bagi pelanggan yang mempunyai genset dimohon untuk mengaktifkannya sebagai antisipasi pemadaman,"ujar Roxy.

Untuk kemudahan informasi dan layanan silakan menghubungi Contact Center di telepon (021) 123, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123.

Sebelumnya mati listrik terjadi di sebagian besar wilayah Jakarta Senin(12/5/2014) sekitar pukul 15.30 WIB. Akibat pemadaman, perjalanan KRL Commuter Line Duri-Tangerang dan lintas Jakarta Kota mengalami gangguan.

Tidak hanya itu, kantor-kantor instansi pemerintahan seperti Kementerian di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat juga mengalami hal serupa.

Bahkan, Bandara Soekarno-Hatta nyaris lumpuh akibat pemadaman listrik tersebut. Beruntung di tempat tersebut tidak terjadi pemadaman total.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini