News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harga Daging

Ahok: Inflasi Jakarta Dapat Ditekan dengan Impor Daging

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersalaman dengan warga yang hadir di Teman Ahok Fair, Minggu (29/5/2016).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menengarai naiknya inflasi DKI Jakarta Mei 2016 mencapai 0,19 persen, dikarenakan naiknya harga bahan-bahan pokok menjelang Ramadan.

"Bulan ini agak naik karena dipengaruhi oleh harga daging, termasuk ayam," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2016).

Untuk menekan inflasi, kata Ahok, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus diberikan hak untuk impor daging. Dengan begitu, penawaran dan permintaan akan seimbang.

"Justru jadi masalah kalau kita buka-tutup, buka-tutup impor," kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik DKI Jakarta memaparkan angka tersebut memang masih di bawah inflasi Nasional, yakni 0,24 persen.

Inflasi pada bulan Mei 2016 disebabkan oleh naiknya harga-harga, paling besar disumbang oleh kelompok makanan, sebesar 1,08 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,20 persen, kelompok kesehatan 0,20 persen, kelompok sandang 0,12 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,04 persen.

Untuk komoditas yang mengalami sumbangan inflasi cukup besar masih didominasi oleh kelompok kebutuhan pokok rumah tangga, dan hasil pertanian.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini