News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Terminal Depok Akan Dipindah, Realisasinya Tergantung Cepatnya Penyelesaian Proyek

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Proyek Terminal Terpadu Kota Depok

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Gandara Budiana menyatakan bahwa pengalihan sementara Terminal Depok ke lahan Stasiun KA Depok Baru (Stadebar) di belakangnya, dipastikan akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan.

Persiapan pengalihan sementara terminal, katanya mulai dilakukan pihaknya, menyusul telah dimulainya secara resmi pengerjaan pembangunan mega proyek Terminal Terpadu Kota Depok, di lahan terminal, pada Rabu (22/4/2017) lalu.

Dimulainya pengerjaan ditandai dengan pemancangan sheet piles di lahan di sisi Kali Baru di belakang lahan terminal, berikut pemerataan sebagian lahan terminal.

"Untuk pengalihan sementara terminal, saat ini sedang kita rumuskan ulang untuk menyesuaikan dengan tahapan pengerjaan pembangunan proyek Terminal Terpadu," kata Gandara, kepada Warta Kota, Jumat (14/4/2017).

Sebab kata dia jalan penghubung ke lahan Stadebar untuk kendaraan angkutan yang nantinya dialihkan ke sana, belum sepenuhnya rampung.

Sehingga kata dia, pihaknya menunggu pengerjaan jalan penghubung itu dirampungkan pengembang sekaligus investor mega proyek tersebut, yakni PT Andyka Investa.

Gandara mengatakan saat ini pengerjaan mega proyek baru dilakukan pengembang di sebagian lahan terminal, yakni di bagian belakang yang berbatasan dengan kali dan lahan Stadebar.

Sementara di bagian depan, masih digunakan untuk operasional terminal yakni untuk kendaraan angkutan yang keluar dan masuk terminal.

Nantinya jika pengerjaan sudah masuk di lahan bagian depan ini, maka pengalihan sementara terminal ke lahan Stadebar, harus segera siap dilakukan.

Sebab saat pengerjaan di sana dilakukan, maka lahan terminal harus steril dari kendaraan angkutan.

"Teknisnya semua kendaraan angkutan tidak lagi masuk ke lahan terminal depok saat ini tetapi ke lahan stadebar, melalui jalan penghubung" kata Gandara.

Menurutnya pintu masuk kendaraan terminal tetap pintu yang sama, tetapi jalur kendaraan angkutan nanti akan berbeda dan pintu keluar kendaraan dari terminal melalui Jalan Arir Rahman Hakim.

"Jadi kendaran akan diarahkan menuju ke lahan terminal sementara," katanya.

Gandara menjelaskan lahan Stadebar yang akan dijadikan terminal sementara, seluas sekitar 7.900 meter persegi, dan berada di bagian belakang terminal Depok atau berbatasan langsung dengan lahan bagian belakang terminal.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini