News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kampung Warna-Warni di Johar Baru Juga Ditanam Tumbuhan Obat

Editor: Nurmulia Rekso Purnomo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Rafdi Ghufran

TRIBUN-VIDEO.COM - Kampung warna-warni yang berada di Johar Baru, Jakarta Pusat merupakan salah satu pemukiman yang unik di kota Jakarta.

Hal tersebut karena seluruh badan kampung mulai dari rumah hingga fasilitas jalan seperti trotoar di cat warna-warni oleh warga setempat.

Namun tidak hanya hal tersebut yang menjadi daya tarik, di Kampung Warna-warni juga terdapat tumbuhan yang berguna untuk pengobatan.

Di antaranya yaitu, daun kumis kucing, kaca beling, kaca piring, ganda rusa, sirih merah, insulin dan lainnya tersedia di kampung tersebut.

Baca: Kartu Indonesia Sehat Tidak Berguna Bagi Korban Bom Bali, Chusnul Khotimah

Baca: KPK Tunggu Vonis Setnov Untuk Tentukan Pemeriksaan Puan Maharani dan Pramono Anung

Kastirah, salah seorang warga Kampung Warna-warni kepada TribunJakarta.com mengaku kerap menggunakan tanaman obat tersebut untuk konsumsi dirinya.

Biasanya Kastirah menggunakan tumbuhan insulin yang menurutnya dapat mengobati diabetes. Tumbuhan insulin tersebut dikonsumsinya dengan cara direbus dan diminum air rebusannya.

"Kalo misalnya obatnya bisa ada yang dibutuhkan sama warga kan bisa kita ngambil, bisa metik. Kadang saya sendiri suka ngambil, yang buat insulin buat diabet direbus," ujar Kastirah kepada TribunJakarta.com saat ditemui di kediamannya, Rabu (11/4/2018) .

Simak videonya di atas. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini