News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Intip Kerennya LRT Jakarta, Moda Transportasi Baru Warga Ibu Kota

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

LRT saat di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - LRT merupakan salah satu moda transportasi publik terbaru yang akan segera hadir di Indonesia khususnya Jakarta.

Moda transportasi berbentuk kereta ringan atau Light Rapid Transit (LRT) ini dioperasikan oleh PT. Jakarta Propertindo (Jakpro), sebuah perusahaan properti dan infrastruktur milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Baca: Video Viral Karyawan Rumah Makan Dilempar Mangkuk di Bagian Kepala oleh Tamu karena Pesanannya Salah

Sebagai tahap awal, LRT Jakarta akan mengoperasikan line pertama dari LRT Jakarta dengan rute Pegangsaan Dua-Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5 (lima) kilometer.

Tribunnews.com yang berkesempatan untuk mengikuti acara uji coba operasional LRT Jakarta cukup terkesan dengan fasilitas yang disuguhkan.

Begitu tiba di area concourse stasiun, calon penumpang akan langsung disambut nuansa interior stasiun yang sangat mewah sejauh mata memandang.

Calon penumpang harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan stiker tanda penumpang uji coba LRT Jakarta.

Setelah mendapatkan stiker tanda penumpang, penumpang dipersilakan untuk menunggu di ruang tunggu untuk menikmati kudapan ringan sambil menunggu kedatangan kereta.

Area peron stasiun LRT Jakarta juga dilengkapi pengaman berupa platform screen doors (PSD) dan pintu otomatis yang dapat membuka dan menutup bersama dengan pintu kereta.

Selain itu terdapat pula papan informasi dam CCTV yang belum difungsikan.

Saat memasuki kereta, kita akan langsung disambut interior kereta yang didominasi warna putih dengan sentuhan warna merah pada pegangan tangan (hand grip).

Bangku kereta pun terasa cukup nyaman terbuat dari bahan stainless steel dan berwarna abu-abu metalik.

Selain itu di dalam kereta terdapat fasilitas enam (6) buah layar LCD yang terletak di atas setiap pintu kereta, di atas persambungan dan di atas pintu kabin masinis.

Di Layar LCD itu menampilkan informasi stasiun selanjutnya lengkap dengan informasi moda transportasi lanjutan, informasi pintu akan dibuka dan ditutup dan juga iklan.

Tersedia pula bangku prioritas yang dikhususkan bagi penumpang usia lanjut, wanita hamil dan penyandang disabilitas, serta ruang kosong untuk dimanfaatkan penumpang yang menggunakan kursi roda atau membawa kereta bayi, koper besar atau sepeda lipat.

Selama perjalanan dari Stasiun Velodrome menuju Stasiun Boulevard Utara (Mal Kelapa Gading) ditempuh hanya dalam waktu sekitar 15 menit, LRT berjalan mulus dan kedap suara.

Kereta hanya berhenti di dua stasiun yaitu Stasiun Velodrome sebagai stasiun awal keberangkatan dan Stasiun Boulevard Utara (Mal Kelapa Gading) sebagai stasiun akhir tujuan.

Masyarakat pun berharap LRT Jakarta dapat membantu mobilitas dan meningkatkan keinginan warga Jakarta untuk menggunakan transportasi publik yang nyaman, aman dan murah.

"Biasanya aku kalau ke rumah mama naik busway sekarang udah ada LRT bagus kaya gini lebih jarang naik kendaraan pribadi, dan lebih sehat juga kan jalan kaki," ujar vokalis Band D'masiv, Ryan D'masiv.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini