News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pertama Kali Digelar Mahasiswa, LSPR Run Ajak 1.000 Pelari Mengitari Bundaran Semanggi

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kick off LSPR Run di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sebanyak 110 mahasiswa London School of Public Relations (LSPR) akan menggelar kegiatan olahraga lari di tengah kota Jakarta  bertajuk LSPR Run.

Program ini menargetkan 1.000 pelari sebagai peserta dan akan menempuh jarak sejauh 5 km dengan titik start dari mal FX Sudirman menuju Bundaran Semanggi dan kembali lagi ke FX dan akan digelar pada 14 Juli 2019 bersamaan dengan momen car free day di Jl Sudirman, Jakarta.

LSPR Run sepenuhnya dirancang dan dieksekusi oleh mahasiswa LSPR Jakarta sebagai event outdoor pertama yang mereka akan selenggarakan sekaligus merupakan kegiatan praktik mahasiswa semester enam mata kuliah Managing Event, jurusan Marketing Communication sekaligus merayakan ulang tahun LSPR ke-27.

Tunggul Siahaan, Ketua Pelaksana LSPR Run yang juga dosen LSPR Jakarta mengatakan, event ini merupakan kegiatan olahraga lari pertama kali yang digelar LSPR dan akan  memberikan hadiah senilai total Rp 270 juta.

"Sebagai sekolah tinggi komunikasi, kami berupaya meminimalisir gap antara teori dan praktik, yang selama ini menjadi tantangan bagi kampus agar lulusan LSPR menjadi siap pakai di dunia kerja," ungkap Tunggul.

Baca: Perbandingan Durasi Pertemuan PM Shinzo Abe dengan Kepala Negara Lain, dengan Jokowi Hanya Semenit

Dijelaskan, LSPR Run ini merupakan unjuk kerja mahasiswa dalam menangani event lari berskala besar. Ini adalah kegiatan kelas yang digelar setiap tahun sebagai tugas akhir tahun mahasiswa, dimana mahasiswa yang merancang konsepnya hingga mengeksekusi konsep event tersebut.

Baca: Dugaan Terbaru Hilangnya Thoriq Rizki Maulidan di Gunung Piramid, Korban Tergelincir Jatuh ke Jurang

Di LSPR, sejak lima tahun terakhir, mahasiswa yang mengambil mata kuliah Managing Event harus menjalani 
praktik kerja lapangan di luar kampus. Artinya, event yang mahasiswa rancang konsepnya mengambil venue di luar kampus, misalnya di dalam mal.

Tahun ini adalah yang pertama kalinya konsep event di outdoor dalan format lari. Menurut Tunggul, kegiatan LSPR RFun ini memberikan tantangan berbeda jika dibandingkan kegiatan yang digelar indoor. Selama ini mahasiswanya biasa menggelar konser musik, bazaar, dan pameran.

Baca: Lagi, Bocoran Terbaru Kabinet Jokowi: Tak Semua Menteri Tergusur, Ada 7 yang Diperkirakan Bertahan

Mahasiswa yang menjadi panitia LSPR Run diedukasi untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak
eksternal seperti pengelola venue, race management, sponsor, media, dan berbagai vendor event.  Mereka juga mendapat supervisi dari debrads Race Management.

"Keterlibatan debrads Race Management di kegiatan ini sebatas membantu checklist kegiatan tanpa keterlibatan langsung orang debrads," kata Pico dari debrads.

Pico dari debrads Race Management mengatakan, selama penyelenggaraan lari 5K LSPR Run, panitia menyediakan ambulance, petugas medis, dan dokter yang stand by di lokasi bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam, Semanggi.

Synergy WorldWide, produsen suplemen kesehatan ProArgi-9+ bertindak sebagai sponsor kegiatan ini.

Rashid dari Synergy Worldwide menyatakan event ini memiliki kesamaan konsep dengan produk Synergy Worldwide yang bergerak di produk suplemen kesehatan. "Kami perusahaan yang berbasis pada produk nutrisi alami yang berpusat di Utah, AS. ProArgi+ menjadi produk kesehatan yang selama ini banyak digunakan olahragawan.

Produk ini berguna meningkatkan aliran oksigen melalui pembuluh darah sekaligus mengikis penyumbatan pembuluh darah," ungkap Rashid.

Peserta LSPR Run akan dihibur penampilan personil JKT48.

Rashid menyatakan akan memberikan hadiah jalan-jalan ke Korea untuk peserta LSPR Run yang membeli ProArgi-9+ selama periode pendaftaran lomba.

Penyelenggaraan LSPR Run juga akan dimeriahkan penampilan personil JKT48 seperti Sonia dan Ayana.
"Kita ikut ramaikan event ini dengan performance saja, tidak ikut lari," ujar Ayana.

Untuk menggaet peserta hingga menembus 1.000 orang, Tunggul menyatakan pihaknya akan masuk mempromosikan kegiatan ini lewat berbagai komunitas lari, ke media sosial dan via event pawai, wawancara di radio, dan penyediaan ticket box di kampus. 

"Kita juga buka ticket box dan kita siapkan pendaftaran secara online. Jadi bisa daftar dari mana saja.  Biaya peserta RFp
150 dan akan mendapat jersey, refreshment, photo booth, menonton penampilan JKT48, serta medali," kata Tunggul.

Selain didukung oleh debrads Race Management dan Synergy Worldwide, Program LSPR Run juga didukung aplikasi Janjian.  Janjian merupakan aplikasi untuk memudahkan berbagai hal terkait janji bertemu atau kumpul-kumpul.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini