News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Ahok Dinilai Masih Berpeluang Lawan Anies di Pilgub DKI Jakarta

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ahok dan Anies

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok masih berpeluang menyaingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta.

Demikian dikatakan Pengamat politik dan Direktur IndoStrategi Arif Nurul Imam ketika dihubungi TribunJakarta.com, Senin (15/2/2021).

Arif menanggapi survei Median yang menempatkan Anies Baswedan, Tri Rismaharini dan Ahok sebagai kandidat kuat dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

"Survei Median saya kira merupakan potret realitas preferensi pemilih Jakarta jika Pilkada dilaksanakan sekarang," kata Arif.

Arif mengatakan survei tersebut paling tidak bisa menjadi gambaran para kandidat yang pengen berlaga dalam Pilkada DKI Jakarta.

Baca juga: Survei Terbaru Pilgub DKI: Elektabilitas Risma Naik, Anies Stagnan, PDIP Sebut 2022 Tutup Buku

Mengenai peluang Ahok dan Anies, Arif melihat kedua nama itu berpeluang menandingi Anies Baswedan sebab pemilih Jakarta yang cair dan dinamis sangat mungkin untuk bergeser dalam preferensi politik.

"Kuncinya Risma dan Ahok tentu menunjukkan prestasi dan kinerjanya sehingga dapat menjadi nilai positif bagi masyarakat Jakarta dan memperoleh insentif elektoral," kata Arif.

Mengenai kegiatan Risma yang blusukan di Ibu kota, Arief menilai cara itu bisa menaikkan elektabilitasnya.

"Sebagai mantan walikota, ia paham kerja-kerja prioritas yang bisa membuahkan insentif elektoral. Namun yang diuji Risma lainnya seperti bagaimana kebijakan ketika jadi Menteri juga akan menjadikan variabel apakah elektabilitasnya naik atau stagnan," imbuh Arif.

Hasil Survei Median

Hasil survei Median menempatkan nama Anies Baswedan, Tri Rismaharini, dan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok sebagai kandidat kuat dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Direktur Median Ade Irfan Abdurrahman mengatakan, nama Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan paling banyak dipilih responden survei jika ditanya calon gubernur tanpa ada nama yang diajukan.

"Anies Baswedan mendapatkan suara 40,5 persen," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (15/2/2021).

Kemudian, nama Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menempati peringkat kedua dengan total suara sebanyak 16,5 persen.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini