News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penanganan Covid

Akhir Juni 2021, Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, akan dijadikan sebagai fasilitas isolasi atau observasi pasien Covid-19.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan rumah susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, sebagai fasilitas isolasi atau observasi pasien Covid-19.

Saat ini, Kementerian PUPR tengah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku selaku Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terkait pemanfaatan rusun serta pengadaan meubelair di dalam unit hunian.

"Berdasarkan arahan Menteri PUPR kepada kami, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput akan disiapkan sebagai tempat isolasi karena jumlah pasien Covid-19 terus meningkat," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangannya, Minggu (26/6/2021).

Khalawi menyebut, rencananya seluruh tower rusun akan dimanfaatkan sebagai fasilitas isolasi Covid-19 dengan pengoperasian secara bertahap.

Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, akan dijadikan sebagai fasilitas isolasi atau observasi pasien Covid-19. (Istimewa)

Tahap pertama, menggunakan Tower 1 dimulai dari lantai 4 hingga lantai 25 dengan kapasitas 689 unit.

"Pemanfaatan rumah susun tahap pertama di Tower 1 direncanakan pada hari akhir Juni, sedangkan pemanfaatan Tower 2 dan Tower 3 direncanakan setelah Tower 1 sudah terisi penuh," jelas Khalawi.

Ia menjelaskan, pemanfaatan Tower 1 sebagai fasilitas isolasi akan dilakukan pengaturan dengan memindahkan sementara aktivitas fasilitas umum lantai 1 sampai 3 yang saat ini sudah berjalan ke lokasi lain.

Untuk akses masuk Tower 1 melalui lantai 3, akan dipisah atau dipasang pembatas agar tidak mengganggu aktivitas fasilitas sosial dan fasilitas umum yang berada di dua tower lainnya.

Baca juga: Rusun Pasar Rumput dan Rusun Nagrak Jadi Satelit RSD Wisma Atlet Kemayoran

"Akses masuk ke tempat isolasi di lantai 4 sampai dengan 25 menggunakan lift yang terpisah. Kami tengah mempersiapkan pemasangan penyejuk udara atau air conditionerpada unit satuan rumah susun, sementara untuk pengadaan meubelair yang digunakan oleh pasien Covid-19 akan difasilitasi oleh BNPB dan Pemprov DKI Jakarta," ujar Khalawi.

Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumuh dibangun Kementerian PUPR, dan telah diserahterimakan kepada Pemprov DKI Jakarta pada September 2019.

Konstruksi rusun terdiri dari tiga tower setinggi 25 dengan total kapasitas 1.984 unit.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini