News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penanganan Covid

Daftar Lokasi Vaksin Pfizer di Jakarta, Kenali Efikasi dan Efek Sampingnya

Penulis: Daryono
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Vaksin Pfizer

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini lokasi vaksinasi dengan vaksin Pfizer di Jakarta, dilengkapi efikasi dan efek samping vaksin Pfizer. 

Pemerintah mulai menyuntikkan vaksin Pfizer setelah menerima sebanyak 1.560.780 dosis vaksin pada Kamis (19/8/2021) lalu.

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, 1,5 juta vaksin Pfizer ini merupakan vaksin Pfizer perdana yang tiba di Indonesia.

Rencananya, total ada 50 juta dosis vaksin Pfizer yang disebut BNT 162b2 melalui kerjasama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE.

Vaksin buatan Amerika Serikat ini telah mengantongi Izin Penggunaan Darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 14 Juli 2021 lalu.

Baca juga: Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi, Telpon 119 atau Email di Sini!

Adapun vaksin Pfizer ini dibuat menggunakan platform messenger RNA (mRNA).

Platform ini adalah pengembangan metode baru.

Metode ini berbeda dari vaksin umumnya seperti vaksin Sinovac yang dikembangkan dari virus yang dilemahkan yang disebut inactivated viruses

Soal efikasi, berdasarkan data uji klinik fase 3, efikasi vaksin Pfizer pada usia 16 tahun ke atas menunjukan  keberhasilan sebanyak 95,5% dan pada remaja usia 12-15 tahun sebesar 100%.

Data imunogenisitas menunjukkan pemberian 2 dosis vaksin Comirnaty dalam selang 3 minggu menghasilkan respons imun yang baik.

Dikutip dari laman Kemenkes, Senin (23/8/2021), vaksin Pfizer dengan merek COMIRNATY ini disuntikkan kepada masyarakat yang belum pernah menerima vaksin Covid-19.

Baca juga: Lagi, Lima Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

Untuk tahap pertama, penyalurkan vaksin Pfizer hanya untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi (Jabodetabek).

Pertimbangannya, Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan karena secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara – 90 hingga – 60 derajat Celcius.

“Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati, MKM.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini