News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jadi Pengepul Sampah Plastik, Mirsa Saputra Mampu Raih Omzet Rp1,2 Miliar per Bulan

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah wanita bekerja di gudang sampah plastik milik Mirsa Saputra di  Kampung Lamporan RT 004 RW 005 Kelurahan Pangadegan Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Banten. Sekitar 50 pekerja berperan memilah sampah plastik sesuai jenisnya, tutup botol, ukuran, warna, kualitas dan lainnya lalu dipres lalu dijual (IST)

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Bagi sebagian besar orang, sampah plastik adalah barang tidak berguna tapi faktanya sampah plastik ini menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Seorang yang sukses dari usaha sampah plastik ini adalah Mirsa Saputra yang sehari-hari menjadi pengepul sampah plastik.

Dalam sebulan ia berhasil mengumpulkan sampah plastik hingga puluhan ton dan setelah sampah plastik sesuai jenisnya, tutup botol, ukuran, warna, kualitas dan lainnya lalu dipres lalu dijual.

Baca juga: Cegah Polusi Plastik di Wilayah Pesisir, Plastic Bank Target Kumpulkan 15.000 Kg Sampah

Tiap bulan Mirza mengaku omzetnya bisa mencapai Rp1,2 miliar.

"Untuk membantu, saya mempekerjakan 50-an ibu-ibu untuk memilah milah sampah plastik sesuai jenisnya, tutup botol, ukuran, warna, kualitas dan lainnya," kata Mirza yang ditemui di lokasi gudang sampah plastik di Kampung Lamporan RT 004 RW 005 Kelurahan Pangadegan Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Banten belum lama ini.

Seiring perkembangannya, Mirsa yang dulunya cuma punya 1 mesin pengepres bal plastik, kini ada empat mesin.

Ia juga telah memiliki 4  truk untuk pengangkut sampah plastik yang telah disortir untuk dibawa ke pabrik pengolahan daur ulang sampah plastik.

Mirza sendiri mengaku, apa yang didapatkannya saat ini setelah dirinya menjadi mitra pengepul Plastic Bank sejak tahun 2021.

"Seiring pendapatan yang naik drastis, saya dapat membeli tiga mesin pengepres bal tambahan dan lahan baru untuk memperluas operasional gudang saya," katanya.

Selai itu  juga saya melihat loyalitas anggota saya semakin bertumbuh sehingga mereka konsisten membawa plastik ke gudang pengepul.

"Mereka bersemangat karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui aplikasi dan juga berbagai manfaat sosial," katanya.

Baca juga: 100 Juta Kilogram Plastik Didaur Ulang, Plastic Bank: 50 Persen Dari 10 Provinsi Indonesia

Diketahui Plastic Bank merupakan perusahan sosial dengan program pengumpulan botol plastik yang membantu mengentaskan kemiskinan dan menghentikan polusi plastik secara global.

Anggota komunitas Plastic Bank mengumpulkan dan menukarkan plastik daur ulang dengan uang dan berbagai manfaat sosial.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini