News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungan Paus Fransiskus

Agenda Paus Fransiskus Hari Ini Kamis, 5 September 2024

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bamsoet usai mendampingi Presiden Joko Widodo bersama pimpinan lembaga tinggi lainnya menerima Paus Fransiskus, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/24).

TRIBUNNEWS.COM - Inilah agenda pimpinan Gereja Katolik sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus di Indonesia, Kamis (5/9/2024).

Diketahui, Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa lalu.

Paus Fransiskus telah menjalani sejumlah agenda, termasuk pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu.

Adapun pada hari ini, Kamis, 5 September 2024, Paus Fransiskus diagendakan pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, Paus Fransiskus akan melanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat dari organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Lalu pada sore pukul 17.00 WIB, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Puluhan ribu umat Katolik akan menghadiri misa akbar ini.

Diantar Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana ikut mengantarkan Paus Fransiskus ke Stadion Gelora Bung Karno untuk memimpin Misa Agung hari ini, Kamis (5/9/2024).

Namun, Jokowi hanya akan menemani Paus saat berganti mobil dari Toyota Innova Zenix ke mobil Pindad Maung semiterbuka yang akan dipakai untuk menyapa umat.

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo menegaskan, Jokowi tidak akan ikut masuk ke Stadion GBK.

Baca juga: Antusiasme Warga Sambut Paus Fransiskus di Jakarta, Rela Panas-panasan Hingga Tak Kuasa Tahan Tangis

Presiden hanya ingin memberikan salam kepada Paus Fransiskus ketika sampai di Stadion Madya Jakarta, sebelum nanti lanjut memimpin Misa Agung di Stadion GBK.

"(Jokowi) tidak masuk GBK, tetapi ketika Bapa Suci pindah mobil dari mobil putih ke mobil yang Maung," jelas Kardinal Suharyo kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

"Menurut rencana kemarin, Presiden juga akan menyalami 'selamat menjalankan ibadah' lalu kembali." 

"Itu kami tafsirkan sebagai  wujud hospitalitas bangsa Indonesia yang sangat baik," tambahnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini