News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gedung Baru DPR

Gerbang DPR Ditutupi Spanduk Penolakan Gedung Baru

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Koalisi Rakyat Tolak Gedung Baru

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pintu gerbang utama sebelah kiri ditutup spanduk somasi untuk anggota DPR yang berencana membangun gedung baru yang memakan biaya Rp 1,138 triliun. Isi somasi tersebut menolak pembangunan gedung mewah DPR RI, Kamis (7/4/2011).

Somsi yang ditulis dalam spanduk berukuran 4 x 6 meter tersebut terbentang di pintu gerbang atas nama koalisi rakyat tolak gedung baru DPR.

Adapun isi Somasi tersebut yang ditujukan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia bertuliskan: Kami adalah warga Negara Indonesia Pembayar Pajak dengan ini menyatakan hal-hal sebagai berikut :

Bahwa pada tahun 2010 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah mengesahkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2010 tentang anggaran dan Belanja Negara (APBN) 2011 yang salah satunya mata anggarannya adalah membangun gedung DPR RI senilai Rp 800 miliar. Nilai tersebut merupakan sebagian dari anggaran pembangunan gedung DPR RI yang diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 1,138 triliun.

Bahwa proses pembangunan gedung DPR RI tersebut telah dimulai dalam bentuk melakukan sayembara untuk desain gedung dan saat ini masuk dalam tahapan proses tender untuk para kontraktor.

Bahwa proses pembangunan gedung DPR saat ini mendapatkan penolakan dari sejumlah kalangan dan sebagian fraksi di DPR namun DPR RI tetap memaksakan pelaksanaan pembangunan gedung ini meskipun mendapatkan sejumlah penolakan dari sejumlah kalangan.

Bahwa tindakan pembangunan gedung DPR RI yang mewah merupakan pemborosan uang rakyat, kontraproduktif dengan kinerja DPR yang jauh dari harapan, dan telah mencederai perasaan seluruh rakyat Indonesia yang saat ini masih hidupdibawah garis kemiskinan, tingkat pengangguran dan putus sekolah yang tinggi, dan sebagian belum memiliki perumahan yang layak serta masih belum tersedianya sarana dan prasarana bidang pelayanan umum khususnya pendidikan dan kesehatan.

Bahwa rencananya pembangunan gedung DPR yang menelan anggaran sebesar Rp 1,138 triliun seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Bahwa berdasarkan uraiaan di atas dengan ini kami sampaikan somasi kepada pimpinan DPR RI untuk memenuhi tuntutan rakyat sebagai berikut :

1. Membatalkan rencana pembangunan gedung DPR dan mengembalikan anggaran senilai kurang lebih Rp 1,138 triliun kepada negara.

2. Meminta maaf secara terbuka melalui sidang paripurna DPR atas rencana pembangunan gedung DPR RI yang dinilai telah melukai perasaan rakyat seluruh Indonesia.

Demikian somasi ini disampaikan dan apabila pimpinan DPR tidak memenuhi tuntutan kami dalam jangka 7 (tujuh) hari setelah surat ini dilayangkan atau setidaknya paling lambat hari selasa 12 april 2011 maka kami akan menempuh jalur penyelesaiaan secara hukum.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini