News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT RI

Demo di DPR Ricuh, 1 Mahasiswa Ditahan

Editor: Ade Mayasanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mahasiswa Universitas Indonesia berdemo di depan pintu masuk gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2011).

Laporan Wartawan Tribunnews.com Edwin Firdaus dan Dodi Esvandi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang dibacakannya pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di gedung DPR, dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia, puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Forum Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia (FKM UI) menggelar unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Jl Gatot Subroto Jakarta, Selasa pagi (16/8/2011).

Namun unjuk rasa itu berujung kericuhan, setelah mahasiswa yang mendesak ingin masuk ke dalam gedung DPR, dihalang-halangi aparat keamanan. Aksi saling dorong pun terjadi, yang berujung bentrokan antar kedua kubu. Mereka terlibat aksi saling pukul. Akibatnya satu mahasiswa bernama Adi Nugroho diamankan polisi.

Dalam unjuk rasa tersebut, FKM UI menyampaikan beberapa tuntutan, diantaranya meminta DPR dan pemerintah meningkatkan alokasi anggaran di bidang kesehatan. Mereka juga mendesak pemerintah dan DPR segera mengatur realisasi anggaran.

Setelah ricuh beberapa lama, polisi akhirnya mengizinkan mahasiswa masuk ke gedung DPR. Namun mahasiswa justru menolak, karena polisi akan membawa mereka ke gedung DPR dengan sebuah mobil tahanan. Mahasiswa UI itu kemudian memilih bertahan di depan gerbang DPR, sambil terus melanjutkan orasi mereka.

Sebagaimana diketahui, dalam sidang bersama antara DPD dan DPR, Selasa (16/08/2011) hari ini, Presiden SBY akan berpidato memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-66 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam acara ini, Presiden SBY akan berpidato dua kali. Pidato atau acara pertama akan berlangsung pukul 10.00-12.00 WIB. Kemudian, rapat Paripurna DPR mengagendakan Pidato Presiden tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2012 beserta Nota Keuangan, pukul 14.00 WIB.

Pidato Presiden tentang RAPBN Tahun 2012 dan Nota Keuangan juga memiliki makna konstitusional yang sangat penting karena APBN 2012 menjadi rujukan pelaksanaan pembangunan setahun ke depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini