News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Papua Memanas

Konflik Papua Mirip Aceh

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Papua

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tokoh yang diberikan mandat Presiden RI Susilo Bambang Yodoyono (SBY) sebagai duta perdamaian Papua, Farid Husein, optimis Papua akan mendapatkan perdamaian bila penyelesaian ini langsung ditangani pemerintah dan warga Papua.

"Saya pikir, tidak ada permasalahan yang tidak memiliki solusi," ujar Farid saat berdialog di Komnas HAM, Jakarta, Rabu (23/11/2011).

Lebih lanjut, Farid menjelaskan konflik yang terjadi di Papua sebenarnya mirip seperti konflik yang pernah terjadi di Aceh. Hanya saja Papua krisis tokoh hingga sulit menentukan siapa tokoh yang dapat mewakilkan seluruh rakyatnya.

"Ada sedikit berbedaan di antara tokohnya di sana," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Farid selama pemerintah turun langsung untuk menyelesaikan itu semua, saya yakin Papua akan damai. Karena memang yang memiliki masalah adalah pemerintah dengan Rakyatnya di Papua, bukan orang lain maupun pihak ke tiga," imbuhnya.

Farid Husein kembali menjadi duta perdamaian (Satgas Perdamaian Papua) setelah mendapatkan SK UP4B dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyono. Sebelumnya, Farid juga telah berhasil menjalankan tugas yang diberikan, Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat menjadi penyambung lidah perdamaian di Aceh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini