News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Server Telkomsel Dibobol

Telkomsel: Tak Ada Pulsa Pelanggan yang Hilang

Penulis: Yulis Sulistyawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkomsel memastikan tidak ada pulsa pelanggan yang hilang akibat server pulsa dibobol oleh tujuh orang yang kini ditahan Mabes Polri.

"Terkait dengan peristiwa penangkapan 7 (tujuh) orang tersangka pembobol pulsa Telkomsel yang diumumkan Bareskrim Mabes Polri, Telkomsel menyampaikan bahwa pulsa yang diambil adalah pulsa milik Telkomsel yang belum diperjual-belikan," tulis GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Selasa (10/1/2012).  

Dijelaskan Ricardo Indra, peristiwa ini tidak merugikan pulsa pelanggan.

"Untuk mencegah terulangnya peristiwa serupa, Telkomsel telah meningkatkan sistem keamanan internal dan Telkomsel terus bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menuntaskan peristiwa ini," tulisnya.

Modus pembobolan server milik Telkomsel untuk mencuri pulsa elektrik ini terendus setelah Telkomsel melakukan audit keuangan yang menunjukan kejanggalan antara jumlah pulsa dengan nominal uang yang diterima.

Usai membobol server pulsa elektrik tersebut, para pelaku tidak langsung menjualnya, tetapi mereka melakukan dahulu uji coba, apakah pulsa yang berhasil dicuri bisa digunakan atau tidak.

“Pertama kali pelaku menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Apakah benar bisa digunakan atau tidak. Ternyata setelah melakukan percobaan berkali-kali akhirnya berhasil,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution.

Kemudian setelah behasil menjebol server penjualan pulsa elektrik, para pelaku lantas mempromosikannya di kaskus dan pembeli pun mulai berdatangan.

“Kemudian kejahatan ini baru diketahui saat provider melakukan audit dan melihat perbedaan antara jumlah pulsa dengan uang yang diterima,” ujar Saud.

Setelah mengetahui ketimpangan tersebut, akhirnya pihak Telkomsel melaporkan kejadian ke Bareskrim Polri. Belum jelas berapa kerugian akibat kejahatan ini.”Kerugiannya masih dihitung,” imbuh Saud.

Setelah melakukan penelusuran dan penyelidikan kurang lebih satu bulan, polisi akhirnya menangkap tujuh pelakunya. Mereka semuanya ditangkap di Jakarta.

Ke tujuh tersangka tersebut memiliki tugas masing-masing, FA bertugas sebagai bobol server, AH berperan membantu FA membobol server dan melakukan pencurian pulsa yang dijual kepada langganan, MS membantu FA menjebol server dan yang menyiapkan script untuk fasilitasi pencurian pulsa.

SP membantu melakukan penjebolan server, menyiapkan script, mencuri dan menjual pulsa, DY berperan sebagai penjebol server, mencuri dan menjual pulsa, IA berperan memasarkan pulsa, dan LK membantu AH menjual pulsa, menerima dan menyimpan uang hasil penjualan pulsa elektrik masuk ke rekening.

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini