News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Indonesia Harus Manfaatkan Kemenangan Obama

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Anwar Sadat Guna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Barack Obama dan Mitt Romney.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemenangan Barack Hussein Obama sebagai Presiden Amerika Serikat untuk kedua kalinya harus mampu dimanfaatkan Indonesia, khususnya kalangan pemuda untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Membuka peluang taktis bagi bangsa Indonesia.

Demikian dikatakan Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasika.

"Kedekatan historis Obama dengan Indonesia serta prestasi ekonomi kita di mata dunia harus dimanfaatkan pemuda Indonesia meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Dengan dukungan pemerintah untuk menciptakan oportunitas-oportunitas baru baik dalam bidang pembangunan karakter, cinta Tanah Air, dan kewirausahaan," Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasika, Rabu (07/11/2012).

Dikatakan, terpilihnya Obama harus dimanfaatkan secara taktis untuk menaikkan postur Indonesia dipanggung internasional.
Apalagi, dalam dunia Islam, Indonesia merupakan negara pemeluk agama Islam terbesar dan tergolong demokratis.

"Ini bisa menjadi alat bagi Indonesia untuk mengimbangi dominasi AS, terutama dalam hal terorisme. Indonesia bisa menunjukkan Islam bukan terorisme," tegas Taufan.

Sosok Obama memiliki keuntungan bagi Indonesia. Apalagi Obama memiliki hubungan sangat erat dengan Indonesia, baik yang sifatnya emosional hingga bisa berimplikasi pada hubungan yang bersifat kepentingan bilateral negara.

Kepentingan bilateral terlihat jelas dari beberapa kali kunjungan Obama ataupun pejabat tinggi AS lain ke Indonesia selama Obama menjadi Presiden. Namun, pemerintah belum maksimal memanfaatkan hubungan erat dengan AS dimasa pemerintahan Obama.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar dan mempunyai pengalaman demokratisasi yang relatif mapan, lanjutnya, semestinya Indonesia bergerak untuk meneguhkan diri sebagai kiblat demokratisasi bagi dunia Islam.

Terlebih, dunia Islam saat ini membutuhkan contoh hubungan yang ideal antara Islam dan demokrasi.

Jika dilakukan hampir bisa dipastikan Amerika Serikat akan mendukung penuh Indonesia seandainya mengambil peranan strategis mengingat banyak negara sekutu AS di Timur Tengah seperti Mesir, Yaman, dan yang lain berguguran.

Kemenangan Obama bisa membuat Indonesia berkesempatan menjadi pendamping yang bagus bagi AS.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini