News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lapas Labuhan Ruku Dibakar Napi

Lapas Labuhan Ruku Rusuh, Menkumham Perintahkan Jajarannya untuk Siaga

Penulis: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Labuhan Ruku, Sumatera Utara, Minggu (18/8) yang dipicu bentrokan antara sipir dan narapidana. Dalam kerusuhan tersebut dimanfaat sekitar 20 hingga 30 narapidana untuk melarikan diri.(ANTARA FOTO/Ade Sapri)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin telah menyampaikan pesan kepada seluruh petugas Lapas di Indonesia untuk siaga.

Hal ini ditujukan menyusul terjadinya kerusuhan dan pembakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Minggu (18/8/2013) kemarin.

"Saya ingin sampaikan pesan kepada seluruh lapas, yang jelas petugas dengan dukungan aparat kepolisian dan TNI siaga di seluruh lapas dan rutan di seluruh Indonesia," ujar Amir di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (19/8/2013).

Persoalan overkapasitas, kata dia, menjadi persoalan teknis yang sedang dirumuskan oleh tim teknis bagaimana mengatasinya. Tentunya tidak terlepas dengan memanfaatkan lapas yang telah dibangun.

Jumlah narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Sumatera Utara, yang melebihi kapasitas ideal, dinilai turut memicu terjadinya kerusuhan dan aksi pembakaran, Minggu (18/8/2013).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini