News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Artefak Dicuri

Polisi: CCTV Museum Nasional Sudah Rusak Sejak Dua Bulan Lalu

Penulis: Eri Komar Sinaga
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pekerja memasang patung karya seniman Nyoman Nuarta pada proyek renovasi lansekap Museum Nasional atau yang dikenal dengan nama Museum Gajah, di Jakarta, Jumat (28/12). Renovasi untuk mempercantik museum tersebut sebagai upaya untuk menarik minat wisatawan berkunjung. Kompas/Priyombodo (PRI) 28-12-2012

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan pemeriksaan tim Reserse dan Kriminal (Reskrim) Jakarta Pusat, CCTV di Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat, tidak berfungsi sejak dua bulan yang lalu.

"Dari hasil pemeriksaan ternyata lebih kurang dua bulan yang lalu sudah mati," ujar Kasat Reskrim Jakarta Pusat, AKBP Tatan Dirsan, di Museum Nasional, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Namun, alarm ruang Khasanah Emas tempat penyimpanan artefak tersebut masih berfungsi. Akan tetapi Tatan belum bisa memastikan apakah alarm tersebut memberikan peringatan saat barang tersebut dicuri atau tidak.

"Alarm masih nyala. Masih dilakukan penyelidikan. Tim saya lagi di atas," kata Tatan.

Untuk mengungkap pelaku pencurian barang peninggalan Kerajaan Mataram kuno dan Majapahit tersebut, Polres Jakarta Pusat memusatkan pemeriksaan pada tim arkeologi yang membidangi.

"Kita lagi memeriksa orang-orang yang berkaitan langsung dengan barang tersebut kita lakukan pemisahan termasuk yang belum sekarang kita bawa ke Polres untuk pemeriksaan," terang bekas Kapolsek Gambir tersebut.

Sebelumnya, Museum Nasional melaporkan kehilangan empat artefak ke kepolisian pada Kamis lalu. Empat peninggalan sejarah yang nilainya tidak terhingga itu adalah  Lempengan Naga, Lempengan Bulan Sabit, Cepuk, dan Lempengan Harihara. Benda-benda sejarah tersebut merupakan peninggalan dari abad X Masehi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini