News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2014

Kepercayaan Rakyat pada Partai Makin Turun

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Hanta Yudha menegaskan di partai politik akhir-akhir ini terjadi presidensialisasi partai, yaitu kepercayaan rakyat pada partai makin turun drastis dan kembali tergantung pada kekuatan figur.

“Figur partai menguat, tapi institusionalisasi partai terus melemah. Karena itu banyak partai mencari figur capres dari luar partai seperti PKB yang memunculkan Rhoma Irama, Mahfud MD, dan Jusuf Kalla. Tapi, hal itu sulit untuk mendongkrak suara PKB,” kata Hanta Yudha di Gedung MPR/DPR RI Jakarta, Senin (16/12/2013).

Menurut Hanta, kondisi pemerintahan sekarang ini mencerminkan potret partai, karena parpol yang mengendalikan DPR RI, eksekutif maupun yudikatif.

“Ini yang harus diselesaikan akibat terjadinya oligarki dan presidensialisasi partai itu. Dengan begitu maka pada pemilu 2014 nanti, kekuatan partai itu berada pada dua hal; yaitu citra dan kekuatan figur, karena kepercayaan terhadap partai makin habis,” katanya.

Menyinggung kontelasi Pilpres menurut Hanta, ada 4 kemungkinan yang terjadi; presidensialiasi partai yang dipegang oleh ketua umumnya, figur dengan elektabilitas yang tinggi seperti Jokowi, pemilik modal yang bisa membeli tiket capres, dan akan muncul nama-nama baru seperti Jokowi.

Sementara itu mengenai pemerintahan yang tak efektif menurut Hanta, pemerintahan SBY-Boediono di 2014 makin berat, karena pengaruh SBY makin lemah dan otomatis makin sulit bisa menyatukan partai dalam setgab koalisi.

“Apalagi, presiden sebagai ketua umum partai, demikian pula menteri-menterinya, maka sekarang ini mereka pasti akan fokus untuk memenangkan partai dan ini akan terus terjadi sampai 2014,” ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini