News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Survei

Reform Institute: Elektabilitas Dino, Endriartono, dan Sinyo Nol Persen

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dino Patti Djalal

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 11 peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat, tiga nama sama sekali tidak dipilih oleh pemilih Partai Demokrat. Ketiga nama tersebut adalah Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Sinyo Haris Sarundang.

"Ketiganya nol persen," ujar ujar Zaim Sadi, peneliti Reform Institute, saat menggelar konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik Tjipta Lesmana, menilai hal tersebut wajar. Tjipta juga heran mengapa Dino, Endriartono, dan Sinyo bisa ikut dalam konvensi.

"Kok nekat. Dino itu hanya duta besar sedangkan Sinyo hanya gubernur Sulawesi Utara. Peserta konvensi diminta SBY, itu tidak bagus untuk demokrasi. Di Amerika tampil karena merasa mampu," kata dia.

Peserta yang menduduki posisi teratas adalah Dahlan Iskan dan jauh meninggalkan saingan-saingannya dengan perolehan 33,81 persen. Sementara di urutan kedua adalah Irman Gusman yang kini menjabat Ketua DPD RI dengan perolehan 6,47 persen.

Berikut adalah hasil survei tersebut urutan keempat hingga delapan Marzuki Alie 5,76 persen, Haryono Isman 2,16 persen, Gita Wirjawan 2,16 persen, Anies Baswedan 1,44 persen, Ali Masykur Musa 0,72 persen, Pramono Edhie Wibowo 0,72 persen.

"Penting dicatat, terdapat 46,04 persen pemilih Demokrat yang tidak memilih kesebelas tokoh perserta tersebut," pesan Zaim.

Jajak pendapat secara nasional dilaksanakan pada tanggal 4-25 November 2013. Jumlah sampel 1.500 margin error 2,53 dengan tingkat kepercayaan 95 persen .Responden laki-laki dan perempuan proporsional sesuai dengan jumlah penduduk. Wawancara dilakukan secara tatap muka, dan penyebaran sampel proporsional dengan jumlah penduduk per provinsi dan dilakukan dengan multi stage random sampling.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini