News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Presiden 2014

Pemimpin Hanya Jualan Visi Misi, Layak Disebut Tidak Nasionalis

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin yang hanya menjual ucapan tanpa perbuatan adalah pemimpin yang menjual nasionalisme. Tipe pemimpin seperti ini setara dengan pemimpin yang menjual kepentingan negara, rakyat karena tidak memiliki nasionalisme.

Ekonom Megawati Institute, Imam Sugema, menjelaskan nasionalisme pemimpin harus lah ada ukurannya. Salah satunya adalah mengukur dari tindak perbuatannya.

"Ukuran paling pas adalah bagaimana pemimpin memahami kebutuhan rakyat hadir bertindak untuk rakyat langsung terhadap kepentingan dan apa yang dirasakan rakyat," ujar Imam dalam diskusi akhir pekan bertajuk 'menakar nasionalisme Capres 2014', di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (5/4/2014).

Menurut Imam, kehadiran pemimpin dalam konteks nasional berbeda dengan konteks di daerah. Untuk daerah yang geografinya relatif kecil, kehadiran pemimpin di tengah masyarakat tentu sangat diharapkan.

"Tapi untuk kepentingan nasional, bentuknya akan menjadi lain dan cara pendekatannya pun lain. Pencapresan Jokowi untuk menjawab keinginan rakyat untuk melihat atau merasakan kehadiran pemimpin tidak hanya dalam bentuk janji, ucapan, tapi dalam bentuk perbuatan," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini