News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Kepresidenan RI

Alasan Pesawat Kepresidenan Berwarna Putih dan Biru Telur Asin

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia saat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Kamis (10/4/2014)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Banyak pihak bertanya mengapa pesawat kepresidenan Boeing Bussiness Jet 2 Green memiliki dua warna yang didominasi warna biru telur asin dan putih. Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, hal itu bukan pesanan khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sudi menjelaskan, warna biru untuk kepentingan keamanan dan kamuflase dalam dunia penerbangan.

"Bukan presiden yang menentukan, ada desainer mayor angkatan udara, biru dalam keamanan penerbangan sebagian juga bagian dari warna kamuflase, ini tidak ada arahan dari mana pun," kata Sudi kepada wartawan, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (10/4/2014).

Sudi menjelaskan, saat awal pengadaan pesawat tersebut, ada 14 warna yang ditawarkan kepada pemerintah. Setelah diadakan polling pemilihan warna, maka diputuskan menggunakan warna biru telur asin dan putih.

"Saya kumpulkan untuk meminta pendapat. Desainernya memberikan 14 alternatif warna. Di mana penentuan warna bukan karena otoritas pejabat. jadi waktu itu diadakan semacam polling pendapat. Dari 14 warna akhirnya terpilih warna dan desain seperti ini," jelasnya.

Lebih lanjut Sudi mengatakan, warna tersebut identik dengan seragam TNI AU. Pesawat tersebut juga akan dioperasikan oleh TNI AU.

"Ini juga sesuai dengan warna seragam milik TNI AU yang warna biru, nanti pesawat ini akan operasikan oleh TNI AU. Saya kira itu ya dan cukup jelas," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini