News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Idris Sardi Wafat

Idris Sardi Sang Maestro Biola yang Mengharumkan Indonesia

Editor: Rachmat Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Idris Sardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sang Maesto yang mengharumkan nama Indonesia. Begitu kata politisi Partai Gerindra Fadli Zon. Fadli adalah salah satu tokoh yang sangat dekat dengan Idris Sardi.

Idris Sardi adalah maestro biola Indonesia, komponis, dan ilustrator musik luar biasa. Lahir 7 Juni 1938. Biola adalah cinta pertamanya. Di usia 5 tahun, sudah jatuh cinta dengan biola. Baginya biola bukan sekadar alat musik. "Ia sesuatu yang hidup" kata Mas Idris.

Mewarisi bakat seni dari kedua orang tuanya. Ayahnya, Mas Sardi, ilustrator musik pertama Indonesia. Ibunya, Hadidjah, pemain film terkenal era 1936.

Idris Sardi yang dijuluki "Bocah Ajaib", "Musikus Gila", "Biola Maut" telah melahirkan karya dan konser keliling dunia mengharumkan Indonesia. Mengiringi 70 penyanyi dari masa ke masa. Menggarap ilustrasi musik untuk 189 film, dengan total 2 ribu karya ilustrasi musik.

"Selamat jalan Mas Idris. Doa kami selalu menyertai," ujar Fadli Zon.

Tak hanya mengisi konser, Idris Sardi secara khusus juga diminta Ketua Menteri Sarawak untuk mengaransemen ulang dan membuat album instrumental 25 lagu karya P. Ramlee.

P. Ramlee adalah aktor, komedian, penyanyi Malaysia keturunan Aceh, Indonesia. Menyutradarai sekitar 35 film, 34 diantaranya sekaligus menjadi pemain, mendapatkan lebih dari 30 perhargaan.

Ia bermain di sekitar 66 film, menciptakan serta menyanyikan lebih dari 360 lagu yang juga banyak dipakai menjadi soundtrack film.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini