News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Presiden 2014

Kaitan Jokowi Tunjuk Khofifah Sebagai Jubir dan Isu Keislaman Sang Calon Presiden

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Khofifah dan Jokowi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon presiden yang diusung PDI Perjuangan Joko Widodo mengunjungi sejumlah pondok pesantren. Roadshow Jokowi itu telah dilakukan sejak kemarin.

Peneliti Founding Fathers House (FFH) Dian Permata menilai Jokowi mendekati pondok pesantren di Jawa untuk mengambil hati pemilih Islam. "Langkah itu diambil sebagai antisipasi apabila attacking campaign tentang yang meragukan keIslaman Jokowi muncul kembali seperti pada pilgub Jakarta 2012, " kata Dian ketika dihubungi Tribunnews.com, Minggu (5/4/2014).

Ia mengatakan Jokowi memulai strategi tersebut dengan merekrut Khofifah Indar Parawansa sebagai juru bicara pemenangannya. Dia menyebut latar belakang Khofifah sebagai Ketua Umum Muslimat NU sedikit banyak membantu Jokowi dalam meminimalisir  terhadap isu tersebut.

"Penunjukan Khofifah sebagai jubir juga memudahkan Jokowi melakukan penestrasi ke kantung-kantung pemilih Islam tradisional," ungkapnya

Selain itu, Jokowi terlihat ingin fokus untuk memenangkan pemilih di jawa. 50 persen dari jumlah pemilih nasional itu terkonsentrasi di Jawa. "Maka tidak heran apabila jkw fokus di Jawa," tutur Dian.

Diketahui, Jokowi melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Sabtu dan Minggu 4 Mei 2014.  Jokowi akan melaksanakan kegiatan silaturahmi ke tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah di Yogjakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Jokowi sudah menemui Mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafi'i Maarif kemudian adik Presiden Abdurrahman Wahid, Solahuddin Wahid, Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Abdul Aziz Manshur, Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Beberapa pondok pesantren yang akan dikunjungi Jokowi diantaranya Giri Kusumo, pimpinan KH Munif Zuhri di Demak, PonPes Al-Anwar, pimpinan KH Maemun Zubair di Rembang dan PonPes Alfadllu pimpinan KH Dimyati Rois di Kendal Semarang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini