News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Idul Fitri 2014

Bus Sepi, Kereta Api Jadi Primadona Selama Mudik

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Rendy Sadikin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemudik tiba di Stasiun Senen Jakarta Pusat menggunakan kereta Fajar Utama Yogyakarta, Jumat (1/8/2014). Sebanyak 45.480 orang pemudik kembali ke Jakarta terhitung 30 Juli 2014 hingga 1 Agustus 2014 ini jumlah tersebut akan naik berkali-kali lipat pada masa puncak arus balik pemudik di Ibu Kota, yakni Sabtu (2/8/2014) dan Minggu (3/8/2014) besok. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dari data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kereta api menjadi angkutan yang paling banyak diminati masyarakat selama mudik tahun 2014.

Jumlah penumpang kereta api untuk tahun ini naik 20 persen menjelang dan pasca lebaran.

"Ini karena kesadaran masyarakat lebaran tahun ini sangat tinggi untuk menggunakan kereta api," ujar Menteri Perhubungan EE Mangindaan di kantor Kementerian Perhubungan dalam acara penutupan posko mudik, Rabu (6/8/2014).

Mangindaan memaparkan bahwa kereta api mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan angkutan umum lainnya saat mudik. Alasan utama para pemudik memilih kereta karena ketepatan waktu berangkat dan sampai.

"Karena juga kereta api dinilai ontime, nyaman terlebih sekarang lebih cepat karena jalurnya sudah double track," jelas Mangindaan.

Mangindaan memaparkan tahun-tahun sebelumnya bus menjadi pilihan utama masyarakat untuk mudik. Namun tahun ini peminat yang pulang mudik turun 2000 orang, atau dari 20 ribu di tahun lalu menjadi 18 ribu tahun ini.

"Jadi yang menggunakan bus sepi," kata Mangindaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini