News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Duet Jokowi JK

Cerita Indroyono Soesilo Sempat Kesulitan Cari Tiket Roma-Jakarta

Penulis: Abraham Utama
Editor: Rachmat Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Susilo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebelum dilantik menjadi Menko Kemaritiman,  Indroyono Soesilo masih berstatus sebagai Direktur Jenderal Perikanan dan Akuakultur di Food and Agricultural Organization (FAO). Untuk menjalankan tugasnya di badan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut, Indro pun meninggalkan Indonesia dan berdomisili di Ibu Kota Italia, Roma.

Indro bercerita, Sabtu (18/10), ia menerima telepon dari Tim Transisi Jokowi-JK. Si penelepon mengatakan, Jokowi ingin bertemu dengannya. Tanpa kesepakatan hitam di atas putih, Indro bersma istrinya, Dwisuryo, langsung ke bandara mencari tiket pulang.

Langkah Indro sempat membentur berbagai halangan. Di hari Sabtu, calon penumpang pesawat biasanya kesulitan memperoleh tiket. Ia juga kesulitan mendapatkan uang tunai karena bank tak beroperasi di akhir pekan.

Indro sempat merasa lega. Ia mendapatkan tiket  dengan rute penerbangan Roma-Doha-Jakarta. Masalahnya, dengan tiket itu, Indro baru akan tiba di tanah air Selasa (21/10), pukul 22.00 WIB.

Tim Transisi menyarankan Indro mencari tiket lain karena Jokowi dilantik Senin (20/10) pagi. Indro pun lantas hendak memesan tiket maskapai Singapore Airlines.

Jadwal yang tertera di monitor loket penjualan menunjukkan, pesawat akan berangkat Minggu (19/10) siang. Sial bagi Indro, sesaat sebelum membeli tiket, perangkat komputer di loket itu down.

Beruntung, ia segera menemukan tiket lain. Kali ini dari maskapai Etihad Airways. Rutenya Roma-Abu Dhabi-Jakarta.
Sesampainya di Jakarta, Indro dikarantina di Hotel Mandarin Oriental. Di sana, untuk pertama kalinya ia bersua dengan anggota Tim Transisi.

Sehari selepas pelantikan Jokowi, Indro dipanggil ke Istana. Mengetahui keberadaan juru warta,  Indro memilih jalan pintas melalui Wisma Negara. Sebagai mantan sekretaris Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Indro mengaku hapal wilayah Istana.

Setelah berdiskusi perihal perikanan dan kelautan dengan Jokowi, Indro diminta menunggu kabar selanjutnya. "Saat itu saya belum tahu akan jadi menteri apa. Nanti Rini Soemarno yang akan mengabari lebih lanjut," katanya.

Minggu lalu, secara resmi Indro diperkenalkan ke publik sebagai Menko Kemaritiman. Ia kini tengah memproses pengunduran dirinya dari FAO. "Akhir November akan ke Roma untuk pamit. Surat pengunduran resmi baru minggu malam kemarin saya kirim via email," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini