News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dradjad Wibowo: PAN Solid Jelang Kongres Tahun Depan

Editor: Rachmat Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Umum DPP PAN Dradjad Wibowo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP PAN Dradjad Wibowo memastikan, partainya solid jelang pelaksanaan Kongres 2015. Ia yakin, tidak akan ada perpecahan seperti yang terjadi di Partai Golkar dan PPP.

"Insya Allah tidak akan terjadi perpecahan, soliditas PAN sangat kuat. Hubungan antarkader terjalin bukan sekedar kepentingan politik," kata Dradjat melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat (19/12/2014), seperti dikutip Antara oleh Kompas.com.

Dia mengatakan, cara PAN menjaga soliditas internalnya dilakukan melalui komunikasi yang terus menerus, baik secara vertikal maupun horizontal. Selain itu, Dradjad menilai perbedaan pandangan dan posisi politik tentu ada di internal PAN. Namun, partainya memiliki mekanisme secara formal maupun informal untuk menyelesaikannya.

Hubungan personal antara sesama pimpinan PAN, lanjut Dradjad,  sangat akrab dan kekeluargaan. Hubungan itu, menurut dia, bukan semata-mata karena kepentingan politik. Internal PAN juga terbiasa menyelesaikan perbedaan pendapat dan posisi politik secara bersama-sama sebagai satu keluarga.

"Kita juga sudah terbiasa menyelesaikan perbedaan pendapat dan posisi politik secara bersama-sama sebagai keluarga," ujarnya.

Dradjad menegaskan, satu hal penting, tokoh-tokoh kunci PAN tidak ada satu pun yang rela partainya diacak-acak pihak eksternal.

Selain itu, lanjut Dradjad, apabila ada pihak eksternal yang main-main terhadap PAN, maka tokoh partai akan melawan bersama para kader. "Jika ada pihak eksternal yang main-main, akan dilawan bersama tokoh-tokoh PAN. Jadi insya Allah tidak ada perpecahan," katanya.

Pelaksanaan Kongres PAN 2015 akan dilaksanakan pada Maret 2015. Sebelumnya, Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy mengungkapkan, ada tiga kandidat calon ketua umum PAN periode 2015-2020 yang akan bertarung di Kongres 2015.

"Kongres PAN sekitar bulan Maret atau April, yang muncul ada Zulkifli (Hasan), Hatta (Rajasa), dan Dradjad (Wibowo)," kata Tjatur di Gedung Nusantara I, Jakarta, Selasa (16/12).

Tjatur mengatakan, belum tahu calon terkuat yang akan bertarung dalam kontestasi tersebut. Namun, dia menilai aspirasi di akar rumput partai masih menginginkan Hatta jadi ketua umum karena perolehan suara PAN di pemilu 2014 naik.

"Belum tahu (calon kuat), tapi ada beberapa teman yang katakan bersama Hatta, PAN suaranya naik," ujarnya.

Dia mengatakan, suara daerah masih belum terlihat secara pasti siapa yang diinginkan untuk maju. Namun, menurut Tjatur, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais sebagai pendiri partai, tegas membuka ruang demokrasi dalam pemilihan ketua umum nanti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini