News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jusuf Kalla: Kota Cerdas Itu Bikin Nyaman Warganya

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama CEO Kompas Gramedia Agung Adi Prasetyo (dua kiri), Dirut PGN Hendi Prio Santoso (kanan), dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi (kiri) menekan tombol tanda dibukanya acara Peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015 di Jakarta Convention Center, Selasa (24/3/2015). Acara yang digagas Kompas bekerjasama dengan dengan Perusahaan Gas Negara tersebut bertujuan untuk memberikan masukan tentang perlunya pengukuran, sehingga dapat menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengambil keputusan dalam pelayanan kota. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menilai sebuah kehidupan kota bisa dikatakan nyaman bila terdapat ruang hijau terbuka dan sistem transportasi yang memadai. Selain itu juga memiliki keamanan yang baik, serta lingkungan yang asri.

Karena itu, dia turut mengapresiasi sejumlah kepala daerah di Indonesia yang telah mendesign kenyamanan tersebut untuk warganya.

Demikian disampaikan Jusuf Kalla ketika meresmikan acara peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015, yang digagas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Harian Kompas, di Jakarta Convention Center, Selasa (24/3/2015).

Seperti Singapura, JK mengambil contoh. Menurutnya kemajuan Singapura dalam. menerapkan konsep kota cerdas pun perlu ditiru.

Sebab Singapura, menurut JK, selama ini menerapkan aturan yang ketat sehingga melatih kedisiplinan para warganya. Selain itu, otoritas setempat tidak mengobral izin agan kotanya lebih tertata.

"Singapura menjalankan hukuman yang keras kepada pelanggarnya, sehingga bukan hanya teknologinya, tapi juga disiplin masyarakat yang kuat," kata JK.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini