News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik di Yaman

Yaman Memanas, Pelajar Indonesia Diizinkan Ujian Jarak Jauh

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

WNI yang dievakuasi dari Yaman, Minggu (5/4/2015).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) keluar dari Yaman mendapat sedikit kemudahan. Khususnya dalam hal teknis soal pemulangan para pelajar Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir (Tata), mengungkapkan tim gabungan dari Kemenlu, Polri dan TNI sudah bertemu habib di Yaman. Dalam pertemuan itu, para habib pemuka perguruan tinggi di sana memberikan beberapa opsi. Salah satunya ujian jarak jauh untuk pelajar dari Indonesia.

"Pada intinya, para habib mendukung upaya Pemerintah Indonesia mengevakuasi WNI, dia juga akan mencari jalan keluar salah satunya apabila mereka (pelajar) pulang dulu ke Indonesia mereka bisa balik lagi tanpa mengulang (mata pelajaran yang ditinggal). Ada skema juga apakah bisa mengikuti ujian di Indonesia," ujar Tata di Jakarta, Senin (6/4/2015).

Kebijakan itu bisa menjadi solusi utama Pemerintah Indonesia untuk mendorong para pelajar pulang ke Indonesia. Mereka sebelumnya tidak ingin pulang ke tanah air karena ingin melanjutkan proses belajar di Yaman.

Pertimbangan yang mendesak juga, saat ini akses ke Yaman sudah sangat terbatas, sehingga mempengaruhi pasokan logistik. Meski ada celah bagi petugas evakuasi masuk, faktor logistik bisa memperburuk kondisi ketika bahan makanan tidak bisa lagi diperoleh.

Pemerintah Indonesia juga melihat bagaimana keadaan berubah sangat cepat. Sementara kondisi masih bisa dipantau, WNI diimbau untuk segera pulang ke tanah air. Terutama di provinsi Hadramout yang saat ini ditempati oleh lebih dari 1.000 pelajar Indonesia.

"Kami melihat beberapa negara menutup batas negaranya ke Yaman. Pemerintah menekankan bahwa mumpung masih bisa dievakuasi," imbuh Tata.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini