News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

1 Tahun Pemerintahan Jokowi

Petinggi Gerindra Beberkan Penyebab Pemerintahan Jokowi-JK Bisa Bertahan Setahun

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla, memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/10). Rapat tersebut membahas soal penajaman program pembangunan kepariwisataan dan pengadaan kapal perhubungan dan penggunaan deviden PT Kereta Api Indonesia (Persero). TRIBUNNEWS/SETPRES

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantoro menilai bahwa pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla dapat bertahan hingga satu tahun ini karena hubungan yang baik antara eksekutif dengan legislatif.

“Menurut saya, Pemerintahan Jokowi-JK masih bisa bertahan karena terdukung suasana kondusif hubungan eksekutif dan legislatif yang berjalan baik,” ujar Ferry saat konferensi pers di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Ferry menambahkan, hubungan eksekutif dan legislatif yang baik tersebut pun belum tentu berumur panjang.

Sebab, kinerja pemerintah dalam hal penyerapan anggaran dapat merusak hubungan tersebut dan berimbas pada eksistensi eksekutif.

“Konteks hubungan eksekutif dan legislatif juga belum tentu seperti ini terus. Ada banyak faktor, salah satunya penyerapan anggaran yang sudah disetujui legislatif yang masih dipertanyakan,” ujar dia.

Ferry mencontohkan, penggunaan dana desa yang menurut dirinya masih terdapat penyimpangan. Menurut Ferry, partainya melalui mekanisme yang ada akan mengevaluasi hal tersebut. Hal itu pula yang akan menentukan hubungan pihaknya dengan eksekutif ke depan.

“Ini sesuatu yang akan kita evaluasi, dalam hal anggaran, yang menentukan hubungan antara eksekutif dan legislatif ke depannya,” kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini