News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Seputar Kredit

Tips Mendapatkan Sumber Modal untuk Usahamu

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Dengan semakin banyaknya kisah sukses generasi muda di Indonesia dalam berinovasi membuka peluang usaha, pada akhirnya meningkatan motivasi jutaan anak muda lainnya.

Mereka seolah-olah tak ingin kalah membuka peluang usaha lain yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Hanya saja, beberapa di antara mereka terkadang kehabisan ide, dari manakah akan mendapatkan modal untuk membuka jalan menuju kesuksesan?

Modal usaha merupakan pondasi paling utama dalam membuka peluang tersebut. Sebrilian apapun ide yang dimiliki seseorang, tanpa modal yang cukup, mereka seakan tidak memiliki kaki untuk melangkah.

Modal untuk mendirikan sebuah usaha memang tak terbatas hanya pada uang, tapi juga jaringan, pengalaman dan keberanian.

Namun, uang kerap kali menjadi momok menakutkan bagi mereka yang ingin memulai usahanya.

Seiring dengan perkembangan zaman, hal itu tak lagi menakutkan.

Sebab sudah banyak lembaga perbankan dan keuangan yang menyediakan jasa pinjaman uang tanpa jaminan bagi mereka yang kekurangan modal untuk memulai usahanya.

Mau tahu beberapa sumber modal usaha yang bisa kamu dapatkan untuk memulai usahamu?

Yuk, simak beberapa cara di bawah ini.

Kantong Pribadi

Sumber modal usaha yang pertama ini memang sumber paling mudah dilakukan. Sebab, kamu tidak memiliki resiko untuk pengembalian dana dalam tenggat waktu tertentu kepada pihak lain.

Tabungan yang sudah kamu miliki selama ini bisa menjadi sumber modal usaha utamamu. Jika belum cukup, kamu juga bisa menjual beberapa aset pribadimu, seperti perhiasan, properti dan barang-barang berharga lainnya.

Tidak ada salahnya kan berkorban demi kesuksesanmu di masa mendatang?

Kerjasama

Jika tabungan pribadi dan aset yang ada masih belum cukup untuk memulai usaha, Anda bisa lakukan alternatif dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tertentu.

Yang paling mudah adalah dengan mengajak keluarga atau kerabat terdekat yang memiliki minat di bidang yang sama untuk bekerjasama.

Anda bisa sharing modal dan pekerjaan yang tepat untuk masing-masing pihak. Meski rekan kerjasamamu adalah keluarga atau kerabat terdekat, biasakan selalu mengadakan perjanjian tertulis terkait kesepakatan yang dijalani.

Hal itu dilakukan guna menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Dana Investor

Jika keluarga atau kerabatmu tidak ada yang memungkinkan untuk diajak melakukan kerjasama, Anda bisa memanfaatkan jaringan untuk mencari modal usaha atau dana investor.

Sebetulnya tidak begitu jauh berbeda dengan metode kerjasama. Hanya saja dalam metode ini, Anda memiliki keleluasaan untuk mengelola usaha tanpa campur tangan pihak investor.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan poin-poin kerjasama yang disepakati dalam sebuah perjanjian tertulis untuk menghindari kesalahpahaman di masa depan.

Pinjaman Dana Tunai

Apabila ketiga poin di atas tidak mungkin atau tidak bisa dilakukan, Anda juga bisa mencari pinjaman dana tunai ke bank yang biasa disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Pinjaman dana tunai ini sangat mudah diajukan, dan juga tanpa agunan atau jaminan tertentu untuk diserahkan pada pihak bank.

Pinjaman jenis ini sangat cocok diajukan untuk kamu yang belum memiliki aset tertentu untuk dijaminkan.

Selain itu, kemudahan yang Anda bakal dapatkan bukan hanya dari mudahnya syarat pengajuan, tapi juga keleluasan dalam melunasinya.

Banyak pilihan plafond kredit yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan usaha. Mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 200 juta.

Tenor atau jangka waktu cicilanvpun juga fleksibel, mulai dari 1 hingga 3 tahun. Itu semua bisa Anda sesuaikan dengan penghasilan dari usaha.

Sangat mudah bukan? Memulai usaha tanpa modal bukan lagi menjadi sekedar impian, siapa pun bisa meraihnya sekarang. Selamat mencoba!

Baca juga:

Berapa Pinjaman yang Diperoleh Dari Bank Dengan Menjaminkan Rumah?

7 Tujuan Pinjaman Teraneh di Dunia 

(advertorial)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini