News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Blok Masela

Menggarap Blok Masela di Daratan Akan Serap Tenaga Kerja Lebih Banyak

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengamat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Dani Setiawan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dilihat dari sisi kemanfaatan dan sisi ekonomis pengeksploitasian Blok Masela lebih baik berada di daratan (Onshore) ketimbang di lautan (Offshore).

Pengamat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Dani Setiawan mengatakan eksploitasi migas di blok Masela jangan hanya mempertimbangkan finansial dan menghitung rupiah semata.

Harus juga diperhatikan pembangunan manusia dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

"Harus ada pembangunan lainnya seperti pembangunan manusia dan juga adanya industri lain yang akan mengikuti seperti di Gresik dengan Petrokimianya," ujarnya dalam diskusi di Kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (9/3/2016).

Dani menjelaskan bahwa jika penggarapan Blok Masela berada di daratan (on shore) maka dapat dipastikan akan ada banyak penyerapan tenaga kerja baik yang terlatih maupun yang tidak.

Selain itu, pengembangan industri dan perekonomian di hilir dapat dipastikan lebih berkembang dibandingkan pengeksploitasian Blok Masela di kawasan laut lepas.

"Kalau di darat, otomatis ada pekerja kasar yang tidak terlatih pun terserap menjadi tenaga kerja. Kalau di laut (offshore) hampir semua adalah pekerja ahli," tambahnya.

Blok Masela yang berada di wilayah Maluku seharusnya juga mempertimbangkan tentang dampak sosial bagi masyarakat.

Jika banyak hal positif dari pengembangan blok Masela, maka tidak akan ada pemberontakan dari rakyat sekitar daerah eksploitasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini