News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus BLBI

Penangkapan Samadikun Hasil Konsesi Indonesia-Tiongkok

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia Samadikun Hartono (kanan) dikawal Kepala BIN Sutiyoso (kedua kiri) serta pengawal lainnya usai turun dari pesawat di Bandara Halim PK, Jakarta, Kamis (21/4/2016) malam. Samadikun Hartono akhirnya ditangkap di Shanghai, China setelah buron selama 13 tahun terkait penyalahgunaan dana BLBI sebesar Rp 169,4 Miliar di tahun 2003. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Anggota Komisi III DPR RI, Syaiful Bahri Ruray menilai penangkapan buronan BLBI Samadikun Hartono tidak lepas dari hubungan baik Indonesia-Tiongkok.

Dikatakannya, menandatangani ekstradisi Samadikun bagi Tiongkok bukan lah hal yang sulit.

"‎Ini (penangkapan Samadikun) bukan operasi hukum semata, tapi lebih kepada konsesi besar Indonesia-Tiongkok," kata Syaiful dalam diskusi Smartfm di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/4/2016).

Syaiful menuturkan, penangkapan Samadikun dikarenakan pemerintah Indonesia memiliki hubungan diplomasi yang baik dengan Tiongkok.

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa Tiongkok pada pemerintahan Joko Widodo memiliki porsi investasi yang sangat besar dalam‎ mendukung pembangunan infrastruktur.

"Presiden Jokowi memberikan konsesi begitu banyak ke China. Dulu zaman orde bari kita melirik ke Amerika Serikat, Habibie sedikit ke Jerman, SBY kembali ke AS, sekarang ke China. China mendapat konsesi yang besar," ujarnya.

‎Masih kata Syaiful, dirinya melihat peran Badan Intelijen Negara (BIN) lebih terlihat dapat operasi penangkapan Samadikun.

Menurutnya, penangkapan Samadikun berbeda dengan politikus Demokrat M Nazarudin dimana Polisi dan KPK lebih berperan.

"Ini operasinya kepala BIN, di bawah kepemimpinan Sutiyoso. Beda saat menangkap Nazarudin dengan Samadikun," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini