News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Banyak Anggota Polri Tak Memanfaatkan Tes Kesehatan Berkala

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigjen Arthur Tampi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigjen Arthur Tampi meminta setiap anggota rutin melakukan pemeriksaan berkala sebagai antisipasi terjangkit penyakit degeneratif.

Menurut Artur, pemeriksaan berkala yang dilakukan setahun sekali bagi setiap anggota sangat penting. Karena selama ini banyak anggota Polri yang tidak menerapkan pola hidup sehat.

Penyakit degeneratif ialah penyakit yang disebabkan karena bertambahnya usia dan pola hidup yang tidak sehat, seperti penyakit jantung, hipertensi, gangguan ginjal, paru-paru dan lainnya.

"Kami sudah jadwalkan setiap tahun ada pemeriksaan kesehatan berkala untuk dideteksi sejak dini. Tapi sayangnya banyak yang tidak memanfaatkan," ungkap Artur, Selasa (26/4/2016).

Padahal pemeriksaan kesehatan setiap satu tahun sekali di Dokkes masing-masing Polda sudah diwajibkan. Tapi rata-rata banyak anggota tidak memanfaatkan karena alasan tugas.

"Selalu alasannya karena tugas, takut nanti meninggalkan tugas. Kalau secara angka cukup banyak, ada sekitar 40 persen yang tidak sempat tes berkala yah kami maklum. Karena sebagian juga kan anggota yang tugasnya di pelosok, di luar Jawa tidak bisa ke Polda karena jaraknya yang jauh," tambah Artur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini