News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Operasi Tangkap Tangan KPK

Mahkamah Agung Mungkin Akan Tinjau Ulang Sistem yang Sudah Ada

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suhadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) RI Suhadi mengakui pihaknya memang kembali kecolongan terkait dengan kasus dugaan suap yang melibatkan dua orang Hakim serta seorang Paniteranya.

"Memang kami kecolongan lagi, jadi Mahkamah Agung harus mengevaluasi sistem dan pembinaan serta pengawasan yang selama ini berlaku," ujar Suhadi, saat gelar konferensi pers di ruang Media Center, Mahkamah Agung RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Ia pun menambahkan, selama ini hanya Ketua Pengadilan Negeri yang melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap hakim dan aparatur pengadilan lainnya.

"Pembinaan dan pengawasan yang berjenjang selama ini adalah Ketua Pengadilan Negeri, dia membina dan mengawasi hakim serta aparatur pengadilan dalam lingkup pengadilan yang bersangkutan," katanya.

Selain itu, Ketua pengadilan tinggi di daerah juga turut mengawasi aparatur pengadilan di masing-masing wilayahnya.

"Ketua pengadilan tinggi sebagai bagian terdepan Mahkamah Agung di daerah juga mengawasi dan membina para hakim serta segenap aparatur yang ada di dalam daerah hukumnya, wilayah pengadilan tingkat banding yang bersangkutan," ujarnya.

Suhadi memaparkan, seluruh aparatur pengadilan di Indonesia diawasi oleh Badan Pengawas MA.

"Di Mahkamah Agung juga ada Badan Pengawas Mahkamah Agung yang mengawasi seluruh aparatur pengadilan di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan komisi yudisial dan nin-yudisial juga ikut dalam pembinaan para hakim dan aparatur pengadilan lainnya.

"Selain dari pimpinan-pimpinan yang lain seperti Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua Mahkamah Agung yang sudah ada bidangnya masing-masing, ada yudisial dan non-yudisial, juga turut serta untuk membina para hakim dan aparatur pengadilan dibawah," katanya.

Menurutnya, dengan adanya kasus dugaan suap yang muncul berulang kali, memungkinkan MA untuk melakukan peninjauan kembali terkait dengan sistem yang sudah ada.

"Sistem yang sudah berlaku seperti itu, dengan banyaknya hal yang kita alami sekarang, mungkin akan ditinjau kembali yang perlu diperbaiki dan disempurnakan," ujarnya.

Sebelumnya, KPK telah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap 5 orang pada 23 mei 2016 terkait kasus dugaan suap pengamanan sidang perkara dugaan korupsi honor Dewan Pembina RSUD Dr Muhammad Yunus Bengkulu, di pengadilan Tipikor Bengkulu.

Kelima orang yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut, tiga diantaranya yakni Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sekaligus Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang Janner Purba, Hakim ad hoc Tipikor Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu Toton, dan Panitera Pengganti PN Bengkulu Badaruddin Amsori Bachsin alias Billy.

Selain itu, dua tersangka lainnya yakni mantan Kepala Bagian Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Muhammad Yunus Bengkulu, Syafri Syafi'i, serta mantan Wakil Direktur Keuangan RSUD Dr Muhammad Yunus Bengkulu Edi Santroni.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini