News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Elex Media Komputindo

Soft launching Elex Media Virtual Store

Penulis: FX Ismanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

GM Elex Media Komputindo Bp. Al. Arisubagijo membuka pita dan QR Code lalu diserahkan kepada Martin Arthur - Modern Store & Agency Channel Asst. Mgr dalam acara peluncuran Elex Virtual...Belanja Buku Tidak Pake Repot, Kamis (21/7/2016) yang berlangsung di Kantin Palbar, Kompleks Kompas Gramedia, Jakarta Selatan. TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO

Laporan Wartawan Tribunnews.com Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - GM Elex Media Komputindo Bp. Al. Arisubagijo membuka pita dan QR Code lalu diserahkan kepada Martin Arthur - Modern Store & Agency Channel Asst. Mgr dalam acara peluncuran Elex Media Virtual Store - Belanja Buku Tidak Pake Repot, Kamis (21/7/2016) yang berlangsung di Kantin Palbar, Kompleks Kompas Gramedia, Jakarta Selatan.

Spontan tokoh Spider-Man dan patung Miniatur Liberty langsung berjalan membagi-bagikan QR Code kepada pengunjung Kantin Palbar, diselingi alunan musik dan nyanyia karyawan Elex Media Komputindo.

Toko virtual yang mengusung tagline“Peek-A- Boo(k)” ini dirancang sebagai perluasan keberadaan display buku di toko-toko buku yang saat ini dirasa semakin penuh karena produktivitas penerbit-penerbit di Indonesia.  Selain itu, keberadaan toko virtual ini nantinya juga diharapkan semakin mendekatkan buku kepada pembacanya, serta memudahkan pembaca memilih dan membeli buku yang mereka inginkan.

"Menurut Arisubagijo, general manager PT Elex Media, cara kerja virtual store ini memanfaatkan teknologi kode QR. Jika sistem ini sudah tersebar luas, pembaca akan menemukan poster buku di tempat-tempat umum seperti stasiun KA, halte bus Trans Jakarta, bandara atau sekolah dan universitas, disertai kode QR dari setiap buku, "terang Aris disela acara.

"Dan, jika Anda tertarik dengan salah satu buku tersebut, Anda hanya memindai kode QR menggunakan HP Anda, membaca ringkasannya dalam HP dan jika ingin membeli, Anda tinggal memasukkan nama dan alamat pengiriman, serta melakukan pembayaran. Berikutnya, buku akan langsung diantar ke alamat Anda, "jelasnya.

"Solusi ini, menurut Aninto Yodha, web programmer PT Elex Media, akan mampu mengatasi kesulitan kunjungan konsumen ke toko buku karena faktor jarak atau kepadatan lalu lintas, "katanya dan sistem ini nantinya diharapkan menjangkau pula kota-kota yang tidak memiliki toko buku.

"Lanjut Yodha, secara individual, toko virtual ini juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi buku untuk para penulis yang ingin memperkenalkan bukunya ke masyarakat. Penulis cukup mencantumkan kode QR di dalam kartu nama atau melalui Whatsapp, dan dalam waktu singkat, semua relasi mereka sudah dapat memesan buku tersebut tanpa harus meninggalkan aktivitas mereka, "jelas Yodha mengakhiri. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini