News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketua MPR Apresiasi Presiden Jokowi Bantah 10 Juta Naker China Masuk Indonesia

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua MPR Zulkifli Hasan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo yang membantah isu masuknya 10 juta lebih tenaga kerja asing asal China ke Indonesia.

"Saya juga kaget dari mana itu jumlahnya, 10 juta orang masuk itu banyak sekali. Saya rasa tidak mungkin. Kalau ada, di mana 10 juta orang itu berada?" tutur Zulkifli melalui keterangan tertulis, Senin (26/12/2016).

Namun, Zulkifli tidak memungkiri fakta adanya tenaga kerja asing asal China masuk ke Indonesia.

Beberapa yang ditemukan, Kata Zulkifli, bahkan ada yang melakukan tindakan kriminal seperti yang terjadi di Bogor.

Untuk itu, ia mengimbau warga setempat perlu sadar lingkungan. Jika ada warga baru, masyarakat harus mengetahui identitas legalnya.

Ia menilai, masalah ini sudah sangat meluas dan meresahkan masyarakat Indonesia. Karena itu, ia meminta para menteri terkait dan kepala daerah membantu Presiden menyelesaikan masalah ini.

"Saya sangat apresiasi pernyataan Presiden menjelaskan ke rakyat soal masalah tersebut. Namun, tak cukup di situ, pembantu Presiden, seperti para menteri, harus juga menjelaskan kepada rakyat," kata Zulkifli.

"Jangan semuanya ditimpakan kepada Presiden dong, kasihan dia. Para menteri dan kepala daerah harus bantu," lanjut Zulkifli.

(Rakhmat Nur Hakim/kompas.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini