News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jika Trump Lakukan Kebijakan Proteksi Ekonomi, Ini Prediksi Dampaknya Bagi Indonesia

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Demo menentang Trump di Berbagai Negara

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan dalam kampanyenya akan melakukan kebijakan proteksi ekonomi, terutama kepada barang-barang yang berasal dari Tiongkok.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menjelaskan bahwa terdapat berberapa dampaknya bagi Indonesia.

“Indonesia tidak akan terkena dampak langsung, tapi setidaknya Tiongkok akan menghentikan pembelian bahan mentah dari kita, karena mereka akan terkena dampaknya paling pertama,” kata dia di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (25/1/2017)

Kemudian, Sofjan menduga Tiongkok akan melakukan banting harga secara besar-besaran dari produk mereka karena sudah tidak bisa lagi melakukan ekspor ke Amerika.

Indonesia, menurutnya, akan menjadi negara yang sangat dituju oleh Tiongkok untuk melempar semua hasil produksinya yang melimpah. Akibatnya, pasar di Indonesia akan tertekan dengan produk asing.

“Industri dalam negeri pasti akan tertekan dengan produk dari Tiongkok dan kita malah nanti tidak bersaing. Saya pikir ini yang akan jadi problem kita nanti,” lanjutnya.

Namun, saat ini Trump masih memilih menteri-menteri untuk menduduki kabinetnya. Sehingga, menurut Sofjan, Indonesia masih menunggu dan mencoba menduga kebijakan apa saja yang dikeluarkan oleh Trump dan dampaknya bagi Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini