News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Fahri Hamzah Sebut Mentalitas Orde Baru Muncul, Tandanya Perppu Ormas

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia, menurut Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, perlu merayakan 20 tahun runtuhnya Orde Baru. 

Perayaan itu, lanjut dia, mengingatkan apa yang telah diruntuhkan dan yang telah diperjuangkan untuk ditegakkan.

"Yang kita runtuhkan adalah otoritarianisme. Mental pejabat dan negara, atau pemerintah, yang menganggap mereka punya kendali terhadap kebenaran, menentukan kebenaran," ucapnya, saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Seolah-olah, katanya menambahkan, Pemerintah saat itu sebagai pemegang versi tunggal kebenaran.

Saat ini, ia melihat represi seperti di zaman Orde Baru sudah hilang, seiring masyarakat semakin bebas dalam mengemukakan pendapatnya.

"Tapi mentalitasnya muncul (kembali) melalui regulasi seperti Perppu Ormas. Termasuk banyak sekali regulasi lain yang di situ tampak Pemerintah ingin preventif, mengambil keputusan sepihak," terangnya.

Setelah 20 tahun Orde Baru runtuh, Fahri menganggap ada introduksi bahwa otoritarianisme kembali bangkit. Misalnya, adanya pasal-pasal yang muncul atas nama ketakutan terhadap kebebasan, kekacauan, dan sebagainya.

"Lalu meregulasi sesuatu yang memungkinkan negara mengambil keputusan sepihak tanpa proses peradilan yang baik. Ini harus kita lawan," kata Fahri.

Ia pun menunjuk beberapa sikap Pemerintah saat ini, yang menurutnya sangat menunjukan otoritarianisme.

"Gagal memberantas korupsi suruh KPK otoriter, gagal memberantas terorisme bikin Perppu Ormas yang otoriter, dan banyak sekali," ucapnya.

Maka dari itu, ia menilai runtuhnya Orde Baru harus dirayakan agar generasi baru Indonesia sadar bahwa demokrasi diraih dengan harga mahal.

"Jangan sampai otoriter itu kembali ada sekecil apapun harus kita lawan," tandasnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini