News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berita Parlemen

LRT Idealnya Jadi Moda Dalam Kota

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pekerja melakukan pengerjaan listrik jaringan atas di Lantai Dasar Stasiun Dukuh Atas jalur Mass Rapid Transit (MRT) Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018). Kawasan ini akan menjadi Kawasan Berorientasi Transit (TOD) dan terintegrasi dengan sara transportasi massal lainnya seperti Bus Transjakarta, KRL Commuterline, LRT dan kereta bandara. (Warta Kota/Alex Suban)

Light Rapid Transit (LRT) idealnya merupakan moda transportasi antarkawasan di dalam kota.

LRT bukanlah moda transportasi antarkota seperti yang dikembangkan pemerintah saat ini. Dan LRT juga mestinya terkoneksi dengan moda transportasi massal lainnya.

Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono mengemukakan, LRT yang sedang dibangun pemerintah dengan biaya Rp35 triliun itu sangat tidak ideal.

Di seluruh dunia, konsep LRT hanya untuk moda dalam kota. Sementara LRT di Jakarta malah menghubungkan empat kota sekaligus, Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

“Manfaat LRT tidak terlalu besar bagi masyarakat. LRT tidak terkoneksi dengan transportasi massal berbasis rel lainnya seperti commuter line yang menjadi transportasi favorit masyarakat. Harusnya LRT itu langsung terkoneksi dengan kereta api menuju antarkota dan provinsi. Apalagi ketinggian elevasi stasiunnya yang sangat tinggi dengan naik tangga sekitar 5-6 lantai, ini sangat menyulitkan,” ungkap Bambang di ruang kerjanya, Gedung DPR RI, Senayan, Rabu (28/3/2018).

Dijelaskan politisi Partai Gerindra ini, LRT hanya untuk moda jarak pendek dalam kota. LRT yang dikembangkan pemerintah saat ini tidak strategis untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan konektivitas dengan moda trasnportasi lainnya.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bertanggung jawab atas pengembangan LRT ini.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini